Gambrengan | Desa Kecil di Lereng Merapi Yang Penuh Kenangan 2

Kami Ngecat tempat bank sampah, Dok Pribadi.
www.jogjadestination.comGambrengan | Desa Kecil di Lereng Merapi Yang Penuh Kenangan 2. Oke kita lanjutkan tulisan sebelumnya

Kami 2 Bulan di Gambrengan
Kita datang di Gambrengan pada Rabu 4 Juli 2018, hari-hari itu semua kegiatan belajar mengajar untuk anak SD, SMP, dan SMA masih libur, maka sembari mengisi waktu luang kami gunakan waktunya untuk berkenalan dengan warga sekitar, dan tibalah hari kamis tanggal 5 Juli 2018 lah di Gambrenagan ada acara Mujahadah.an, di acara itu kami se kelompok yang terdiri 10 orang dikasih waktu untuk memperkenalkan diri kita masing-masing. Lambat laut hari demi hari kami lalui dan sudah dirasa cukup pengamatanya ke Gambrengan kami lalu membuat program untuk mengisih kekurangan Gambrengan, Program ini terdiri dari pengelompokan 4 bidang, yaitu: Agama, Kesehatan, Ekonomi, dan Sosial.




1. Agama
TPA, Terahir Bersama anak-anak, Dok Pribadi

Kami membuat program kerja Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) yang kami mulai pada selasa 11 Juli 2018 bertempat di Masjid al-Muttaqien Gambrengan, setiap ba'da sholat magrib, sampai isak. Santri yang kami ajar dari berbagai kalangan seperti: Balita, TK, SD, SMP, dan SMA, ada juga orang tua yang ngikut mendegarkan pengajaran ngaji kami, waktu bersih kita mengajar hanya selama 30 menit, kami mengajar 30 santri dan satu santri menghabiskan kisaran waktu 3-7 menitan dalam mengaji jadi kami 10 orang itu bekerja keras agar semua target yang kami cita-citakan tepenuhi.


2. Kesehatan
Sosialisasi Bank Sampah, Dok Pribadi.

8 Juli kami membantu posyandu Manggar Gambrengan, agar semua anak bisa mengikuti posyandu ini, kami berusaha menjadi administrasi yang baik untuk mereka, kami membantu bu dokter untuk memeriksa anak-anak dari Gambrengan. Selain Posyandu kami juga membuat program kerja senam untuk lansia, agar kesehatan mereka terjaga sehat walafiyat, senam pertama dilaksanakan tanggal 14 juli bertepatan di halaman Masjid al-Muttaqien Gambrenagan, hari pertama cukup banyak pesertanya dan para pemimpin senam pun sangat bersemangat karena pesertanya cukup antusias dan kami mengapresiasi mereka.


3. Ekonomi
Mbah Giri Joss, Dok Pribadi.

Kami diilhami dari lingkungan hidup orang Gambrengan yang membuang sampah sembarangan dikali padahal sampah tersebut laku untuk dijual. Jadi setelah itu kami dan teman-teman berfikir untuk mencari solusi agar samapah tidak dibuang dikali, tau sendirikan apabila sampah dibuang sembarangan akan menjadi sarang penyakit. Lah maka dari itu kami menemukan solusi yaitu: dengan membuat Bank Sampah agar tidak dibuang sembarangan dan secara otomatis tidak menjadi sarang penyakit serta menjadi pundi-pundi uang untuk masyarakat Gamrenagan. Bank Sampah kami laksanakan diakhir-akhir waktu kami di Gambrengan, tepat pada tanggal 31 Agustus sampah sudah laku dijual dan menghasilkan uang yang lumayan untuk pengumpulan hari pertama. Setelah itu program ini kami serahkan warga Gambrengan yang sudah terbentuk strukturnya untuk mengatur jalanya Bank Sampah.


4. Sosial
Pelatihan Organisasi Bersama Aspeg, Dok Pribadi

Sosial kami ambil dari hasil rapat yang dilaksanakan oleh pemuda Gambrengan (Aspeg) pada waktu rapat belum mempunyai bahasan untuk dibahas dalam forum rapat dan belum mengetahui secara pasti tugas-tugas dari perangkat struktur organisasi seperti: ketua, wakil dll. Semua dihandle oleh ketua jadi perangkat lainya hanya enak-enaknya saja. Jadi setelah itu kami membuat Pelatihan Organisasi untuk pemuda Gambrengan (Aspeg) agar lebih mengetahui organisasi itu apa? tugas dari masing-masing perangkat seperti ketua, wakil dll. Kegiatan ini terlaksana pada tanggal 21 Juli 2018 bertempat dirumah kadus (Heri Sutrisna) pada pukul 19:00 atau ba'da Ishak. Acara ini tergolong sukses karena kami mempunyai indikator-indikator-indikator keberhasilan program Pelatihan Organisasi, seperti membuat surat, proposal, tugas perangkat dll.

Di Gambrengan Kami Tidak Hanya Menjalankan Program itu Saja!
Lanjut ditulisan selanjutnya ya heheh besok lagi saya sudah capek nih dah malem wkwkwk

<Sebelumnya    Selanjutnya>

0 Response to "Gambrengan | Desa Kecil di Lereng Merapi Yang Penuh Kenangan 2"