Gambrengan | Desa Kecil di Lereng Merapi Yang Penuh Kenangan 1

Gapuro Masuk, Dusun Gambrengan, Dok KKN 290 Gambrengan
www.jogjadestination.comGambrengan | Desa Kecil di Lereng Merapi Yang Penuh Kenangan 1 Gambrengan adalah dusun yang ada di kelurahan Banyuadem kecamatan Srumbung kabupaten Magelang Jawa Tengah. Tempat ini berada dilereng gunung Merapi, wilayahnya dekat gunung maka apa yang membedakan tentang udaranya? yaitu adalah udaranya yang cukup dingin. Ketika subuh Gambrengan rata-rata mencapai 15 drajat celcius dan di siang hari hanya 19 drajat celcius mungkin bagi orang yang biasanya hidup di udara panas sudah merasa cukup kedinginan.

Alif dan Intan, di depan Masjid al-muttaqien Gambrengan, Dok Pribadi

Sejarah

Gambrengan masuk kelurahan Banyuadem, konon katanya orang tua disana mengapa namanya adalah Banyuadem, dikarenakan diwilayah kelurahan Banyuadem yang terdapat 8 dusun adalah daerah yang berudara dingin termasuk Gambrengan. Gambrengan sendiri merupakan bagian dari Banyuadem, namun nama Gambrengan lain lagi dengan cerita Banyuadem, mengapa dusun ini dinamakan Gmabrengan? karena orang-orang yang menepati daerah Gambrengan orangnya sangat Gembengan (gembeng adalah bahasa Jawa) yang jika dibahas Indonesiakan mempunyai makna cenggeng. (Nanggisan). Lah maka dari situlah nama Gambrengan itu muncul. Namun sekarang kok gak ada yang gembeng-gembeng ya hehehe.

Kelompok KKN 290 Gambrenga, Dok Pribadi

Ceritaku di Gambrengan

Cerita dimulai ketika kami ditugaskan untuk mengabdi dan berbaur dengan masyarakat Gambrengan, pertamanya kami tidak tau apa-apa tentang Gambrengan, akhirnya kami melakukan observasi dan pengamatan tentang penelitian kami disana. Secara akademis kami KKN (kuliah kerja nyata) di Gambrengan. Kami ditugaskan untuk mengamati apa yang kurang dari Gambrengan, lalu kita mencari solusinya dan menawarkan kepada masyarakat Gambrengan untuk memajukan desa mereka. Kami tinggal disana selama 2 bulan dan berbaur dengan masyarakatnya, akhirnya kita yang semua tidak tau apa-apa tentang Gambrengan pelan-pelan pun mulai mengetahui Gambrenggan yang sesungguhnya. dan menurut kami Gambrengan sangat menarik untuk digalih lebih dalam lagi agar kami benar-benar bisa mencari apa yang dibutuhkan disana.


Kami 2 Bulan di Gambrenga!
Kita lanjut besok lagi ya hehehe, kami akan membuat tulisan sebanyak mungkin untuk menceritakan pengalaman kami di Gambrengan selama 2 bulan.

0 Response to "Gambrengan | Desa Kecil di Lereng Merapi Yang Penuh Kenangan 1"