Cara Membuat Ketupat

Tim Pembuat Kupat, Dok Pribadi.

www.jogjadestination.com - Cara Membuat Ketupat
Ayooo kids zaman now bisa membuat ketupat nggk? gue tantang loe deh hehehe! kebanyakan anak zaman sekarang tidak bisa membuat ketupat tidak tau kenapa mereka tidak bisa membuat ketupat seperti anak-anak zaman dulu, apakah karena mereka menganggap membuat ketupat sudah tidak penting lagi dimasa kini", entahlah. 
Membuat ketupat merupakan salah satu tradisi orang Indonesia yang sudah ada sejak zaman dahulu, membuat ketupat biasanya dibuat pada waktu setelah lebaran idul fitri. Ketupat ada banyak jenisnya ada yang namanya ketupat jekikrek, ketupat biasa, nanas dll.

Guyonan orang zaman dahulu untuk menakuti orang yang tidak bisa membuat ketupat adalah "ATI ATI NGOTONG CONG/ NDUK" maknanya adalah hati-hati mengotong kalau tidak bisa membuat ketupat, namun saya tanyakan mtngotong apa? gak ada jawaban yang jelas. hehehe. Tidak tau kenapa orang zaman sekarang lebih memilih untuk langsung membeli kupat saja daripada mrmilih untuk membuatnya.

Disini, kita akan membahas tentang ketupat yang biasa atau yang umum segi empat tersebut.

1. Langkah pertama siapkan dia daun janur

2. Lipat dua daun tadi secara terbalik 1 diatas dan satu dibawah, lalu lipat 3 kali



3. Masukan kebawah dan keatas bagian ujung pertama tangan kanan, masukan ke tangan kiri.

4. Jika ketiga bagian lipatan sudah dimasukan ke atas dan ke bawah maka akan seperti ini jadinya.
Membuat ketupat biasa paling sulitnya dibagian awalnya, rumusnya adalah masukan katas dan kebawah. Nomor 1 yang palin menentukan adalah ketika kita berada dalam gambar ke 2 mau ke 3 lah itu adalah penentuan kita berhasil atau tidak jadi kalau kita sudah berhasil dibagian ke 2 dan 3 maka selanjutnya akan lebih muda. Saran saya ketika membuat ketupat belajarlah dengan sabar dan jangan pernah menyerah karena kalau anda menyerah maka akan kembali kepada kata-kata diatas yaitu NGOTONG hehehehe.

Baca Juga: Sekaten Jogja 2018

Yang terahir memang tutorial yang kami berikan kurang lengkap namun kami akan membuat vidio agar lebih muda untuk dipahami.Terimakasih.

0 Response to "Cara Membuat Ketupat "