5 Hasil Peninggalan Islam Nusantara


www.jogjadestination.com - 5 Hasil Peninggalan Islam Nusantara. Nusantara dulu merupakan suatu kepualauan yang ada di daratan Asia Tenggara, sebutan Nusantara muncul dari tutur kata nenek moyang untuk menyebut sesuatu tempat yang disebut Nusantara yang tidak lain merupakan tanah air mereka sendiri. Nusantara membentang dari kepulauan meraoke sampai daratan Muangtai (sekarang Thailand). Luasnya daratan Nusantara yang membentang sekitar beribu-ribu meter ini membuat Nusantara mempunyai berbagai etnis, suku budaya dan tradisi yang beragam.

Dalam tulisan bahasa Indonesia tulisan yang dicetak iring merupakan tulisan yang asing atau berasal dari bahasa asing maka dari itu wajib untuk ditulis miring (italic). Begitupulah bahasa Nusantara yang sangat banyak yang akhirnya mempunyai ciri dan makna tersendiri. Dengan besarnya daratan nusantara dan etnis yang berbeda membuat Nusantara tidak bisa ditundukan dengan satu penguasa saja. Ini terbukti pada saat ini bahwa Nusantara sudah terpecah menjadi berbagai negara dengan bahasa mereka sendiri-sendiri.

Disamping faktor kebudayaan yanng berbeda, namun ada faktor lain yang membuat Nusantara tidak bisa bersatu menjadi satu kesatuan seperti zaman Majapahit, yaitu:faktor kepercayaan Agama.

Dalam kesempatan ini, kita akan membahas tentang hasil peninggalan dari salah satu agama yang ada di Nusantara, yaitu agama Islam tepatnya di wilayah kepulaan Indonesia. Lalu apa saja 5 Hasil Peninggalan Islam Nusantara:

1. Masjid
Masjid Agung Demak. satujam.com

Akulturasi Masjid dari segi arsitektur muncul pada masjid-masjid yang ada di Nusantara. Contoh saja Jawa. Masjid Demak mempunyai kubah yang berbeda dengan kuba masjid di daerah timur tengah dan persia. Karena itu merupakan hasil perpaduan arsitek Islam dan Hindhu Budha.

2. Makam
Makam Maulana Malik Ibrahim, http://3.bp.blogspot.com

Hindu atau Budha ketika ada orang meninggal mereka tidak akan dikuburkan melainkan akan dikremasi (bakar). Ini berbeda dengan kepercayaan Islam karena kepercayaan Islam di kubur didalam tanah. pemakaman Islam tersebut merupakan salah satu hasil peradaban dari Islam Nusantara.


3. Istana
Taman Sari, Istana Kesultanan Yogyakarta. abouturban.com

Semua kerajaan baik itu Islam atau pun non Islam akan mempunyai Istana, baik megah atau pun biasa saja. Namun perlu diingat bahwa peninggalan istana Nusantara memiliki arti filosofi yang cukup tinggi dan berkualitas.

4. Kaligrafi
Kaligrafi. data:image

Apakah anda sudah tau apa itu kaligrafai? kalau tidak tau lihat di KBBI atau Wikipedia saja hehe. Iya peninggalan selanjutnya adalah kaligrafi, ini dibuktikan dengan kaligrafi yang ada pada masjid-masjid peninggalan Islam di Nusantara.

5. Seni Santra: Suluk dan Kidung
Kidung, data:image

Iya peninggalan terahirnya adalah seni sastra. Kidung dan Suluk mungkin anda sudah mengetahui kedua bentuk dari tulisan kedua karya sastra tersebut dan itu merupakan salah satu peninggalan Islam Nusantara.

Ke-5 Peninggalan tersebut masih bisa kita jumpai pada saat ini. Anda bisa melihatnya langsung atau pun tidak langsung. Kalau anda ingin melihatnya langsung anda bisa datang ke tempat-tempat peninggalan seperti Masjid atau Makan dan Istana. Jika anda di Jogja anda bisa ke Masjid Kauman dan Istana Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Sedangakan kalau tidak langsnung cukup anda membuka Internet dan berseluncur mencari gambar dari peninggalan Islam Nusantara tersebut.

0 Response to "5 Hasil Peninggalan Islam Nusantara"