4 Fakta Bangsa Mongol

Mongols Empire [i.ytimg.com]
www.jogjadestination.com5 Fakta Bangsa Mongol Sebelum kita bicara lebih jauh tentang bangsa Mongol mari kita lihat kebelakang sejarah munculnya bangsa Mongol dengan semua keistimewaan dan kekuranganya. Bangsa Mogol adalah bangsa yang sagat bengis dan sangat ditakuti pada abad pertengahan.

Sebelum kita berbicara Praten Over Bangsa Mongol, kita harus mengenal lebih jauh tentang bangsa Mongol dan karakteristik kesukuan Bangsa Mongol.

Bangsa Mongol terbagi dalam lima suku
yang besar, yaitu:

1. Naiman yang mendiami sebelah barat lereng Gunung Altai, di antara Sungai Irtysh (atas/mata air) dan sungai Orkhom /Orkhan (bawah muara),
2. Suku Kerait yang berdiam tidak jauh dari daerah tempat tinggal yang pertama, yakni di sebelah selatan Orkhon,
3. Suku Merakit (Merkit) menepati tempat tinggal sebelah utara dari tempat tinggal Suku Kerait
4. Bangsa Tartar menempati wilayah Sungai Kerulen dan
5. Bangsa Mongol menempati wilayah antara Sungai Kerulen dan Sungai Omon.

Ke 5 suku diatas merupakan suku-suku yang melahrkan bangsa Mongol seperti Chenglis Khan dan lain-lain. Chenglis Khan dilahirkan dari Red Mongols Mongol merah lalu dialah yang menaklukan kabilah-kabilah lalu mempersatukan mereka menjadi satu kekuatan yang sangat kuat untuk menaklukan dunia pada waktu itu.


Sembut saja The Mongols Empire. Banyak sumber menjelaskan bahwa bangsa Mongol sangat ganas dan sangat biadab, mereka akan menyerang siapapun tak perduli setatus mereka dan kerajaan mereka, waktu kejayaan bangsa Mongol hanya ada 2 pilihan menyerah atau kota mereka akan menjadi lautan merah yang akan memberhanguskan peradaban mereka. Contoh saja Banghdad 1258 Abbasiyah Empire mereka memlilih untuk berperang dengan bangsa Mongol dan akhirnya pun sangat mengenaskan. Bahwa peradaban kejayaan Islam hangus tak tersisa karena ke biadaban bangsa Mongol. Di ceritakan 40 hari Banghdad dilalui awan hitam yang tidak berlalu-lalu karena pembantaian yang dilakukan oleh bangsa Mongol.

Lalu apa saja kah fakta-fakta bangsa Mongol? Inilah fakta bangsa Mongol yang tidak pernah dimengerti oleh lawan-lawan mereka:

1. Kuat
Fakta pertama adalah kuat, bangsa Mongol dilahirkan dilingkungan yang cukup tandus dan sangat panas mungkin itulah yang menjadikan, mengapa bangsa Mongol mempunyai fisik yang kuat dan tahan rasa sakit.

2. Ahli Peperangan
Sebelum perang menaklukan dunia, bangsa Mongol sudah berperang dengan sesama suku-suku dari mongol sendiri, mereka merebtkan air dan makanan. Jadi tidak heran jika dalam realitanya bangsa Mogol sangat ahli perang yang terbukti dari hasil penaklukan wilayah-wilayah yang mereka taklukkan.

3. Pemusnah Peradaban
Setelah 2 poin diatas, setelah itu baru ada fakta bahwa bangsa Mongol pemusnah keadaan. Tidak tau kenapa mereka tidak mengambil keuntungan dari wilayah yang mereka taklukan, mereka malah menghancurkan peradaban-peradaban wiliyah yang mereka taklukan. Contoh saja Banghdad 1258 M.

4.Penganut Nestorian dan Samaniah
Nestorian atau Samaniah bisa dikatakan merupakan agama dari bangsa Mongol sendiri, mereka mempercayai dan meyakini agama tersebut. Menyembah matahari dan mengimaninya, ada langit keberuntungan dan langit kesialan.


Itulah 4 fakta bangsa Mongol yang pada saat itu tidak diketahui oleh para musuh mereka, sehingga musuh tak mampu membaca setrategi perang dan kelebihan fisik  mereka dan ingin melawan bangsa Mongol itu sendiri. Karena memang notabenya sebelum bangsa Mongol muncul pada Abad tersebut sebelumnya dunia memang tidak mengenal siapa bangsa Mongol itu sendiri. Itulah awal dari sejarah dunia tentang bangsa Mongol dari timur jauh Asia.

0 Response to "4 Fakta Bangsa Mongol"