Cara Muda Membuat Proposal Penelitian Sejarah

Membuat Proposal Penelitian Sejarah
www.jogjadestination.com- Cara Muda Membuat Proposal Penelitian Sejarah Berbicara tentang proposal sejarah pasti sangat lumrah dengan anak sejarah yang sudah memasuki semester akhir perkulihannya. Pasti anda merasa bingung. Apalagi bagi para peneliti yang belum mempunyai pedoman sebelum membuat proposal sejarah, mau diapakah? gimana cara buat proposalnya?.Tentu pertanyaan-pertanyaan ini yang akan muncul dalam proses membuat proposal penelitian sejarah. Eh tapi jangan kwatir disini kita akan membahas bagaimana sih cara membuat proposal sejarah?

Pemilihan Topik Penelitian Sejarah
Langkah pertama adalah memilih topik penelitian ada dua model pemilihan topik, yaitu: Kedekatan emosional adalah kedekatan berdasarkan emosi kesenangan seorang kedekatan ini lebih dikenal dengan sifat objektif, jadi dalam kedekatan emosional ini, kita memilih topik atas kesenangan kita sendiri. Nomor dua adalah kedekatan Intelektual adalah pemilihan topik berdasarkan keahlian seseorang, kedekatan ini pun sama seperti diatas bersifat objektif. Jadi kita bisa memilih topik untuk penelitian sejarah kita melalui keahlian yang kita miliki sebagai sejarahwan. Pemilihan topik inilah langkah awal untuk meneruskan ke tahap selanjutnya.

Menggumpulkan sumber-sumber dan refrensi
Setelah anda menemukan topik yang mau diteliti maka anda harus menghimpun dan menggumpulkan sumber-sumber yang berkaitan dengan penelitian yang akan anda teliti. Ini merupakan penggumpulan sumber pra penelitian atau sebelum penelitian sejarah, sumber-sumber ini bisa berupa buku, hasil wawancara, hasil penelitian sebelumnya, jurnal sekripsi atau yang lainya.

Kritik Sumber
Sesudah anda menggumpulkan sumber yang terkait dengan penelitian anda, maka anda harus melakukan kritik, kritik ini bertujuan untuk mengidentifikasi sumber tersebut, apakah asli atau sebaliknya. Jika sumbernya wawancara maka anda harus memastikan keabsahan dari sumber tersebut melalui bukti-bukti yang mendukung keabsahannya. Baik itu berupa arsip, dokumen, foto atau yang lainya.

Pembuatan Proposal Penelitian Sejarah
Setelah tiga langkah itu terpenuhi maka anda sudah bisa membuat proposal melalui sumber-sumber yang anda kumpulkan sebelunya. Pemilihan Topik, seperti yang dijelaskan diatas pemilihan topik adalah langkah awal, tentu jika anda sudah melakukan ke tiga langkah diatas maka anda sudah bisa membuat proposal yang akan anda tulis, Namun perlu diingat setelah anda sudah mempunyai topik yang fix untuk diteliti maka anda harus mempunyai alasan mengapa anda memilih topik tersebut, apa keunikanya, apa masalahnya, sampai anda tertarik menelitinya, maka setelah itu anda bisa membuat Latar Belakang proposal, didalam latar belakang ini, harus ada suatu masalah yang harus diselesaikan, atau mencari penyebab masalah tersebut, dll. Anda harus mempermasalahkan sesuatu yang ada dalam latar belakang proposal anda. Setelah itu maka anda akan bisa merumuskan masalah di sub bab Rumusan Masalah dan Batasan Masalah. Rumusan masalah ini merupakan masalah yang ada dalam latar belakang proposal yang harus dijawab pada penelitian yang akan anda lakukan. Setelah itu maka ada Tujuan dan Kegunaan Penelitian anda, di sub bab ini maka anda harus bisa mengemukakan dan menjelaskan tujuan dan kegunaan prnrlitian anda. Setelah itu adalah Tinjauan Pustaka atau kajian pustaka didalam tinjauan pustaka ini maka anda harus menujukan sumber-sumber yang mendukung penelitian anda, seperti sumber yang sudah anda kumpulkan sebelum melakukan penulisan proposal. Pastikan bahwa sumber yang anda tuliskan di tinjauan pustaka ini mempunyai keterkaitan dengan penelitian anda. Langkah selanjutnya adalah Kerangka Teori atau kerangja berfikir didalam kerangka teori ini anda harus menguraikan pendekatan yang anda pakai dalam penelitian anda. Setelahnya adalah Metode Penelitian didalam metode penelitian ini ada empat persyaratan dalam penelitian sejrah, yaitu: Pengumpulan sumber (Heuristik), kritik sumber(Verivikasi), analisis sumber(Interprestasi), penulisan sejarah (Historiografi), dalam metode penelitian, proposal anda harus mempunyai empat syarat tersebut. Setelah itu adalah Sistematika Pembahasan dalam sistematikan pembahasan anda harus menulisakan dan menjelaskan ada berapa bab didalam proposal anda, setiap bab menjelaskan tentang apa saja dan isinya apa, anda harus menjelaskan secara detail didalam sistematika pembahsan ini. Setelah itu adalah Daftar Pustaka didalam daftar pustaka anda harus menuliskan sumber-sumber yang anda gunakan dalam penulisan proposal penelitian anda. Setelah itu Daftar Isi Sementara anda harus menjelaskan daftar isi yang ada dalam penelitian anda, sifat daftar isi ini hanya sementara, setelah penelitian anda selesai maka daftar ini akan menjadi daftar isi tetap di halaman depan seperti buku dan lainya.

Baca Juga : Contoh Proposal Penelitian Sejarah

  Kunci pokoknya anda harus mengetahui medan penelitian anda, maksudnya adalah anda sebagai sejarawan anda harus mengetahui batasan-batasan yang boleh dilakukan oleh anak sejarah agar penelitian yang akan anda lakukan tidak akan amburadul.

0 Response to "Cara Muda Membuat Proposal Penelitian Sejarah "