Tipologi Bangunan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat

Bngunan Keraton, seputarjogjakarta
www.jogjadestination.com-Tipologi Bangunan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Masih berkutat diseputar bangunan yang bertempat di Jogja, menyambung tulisan yang sebelumnya : Lima Jenis Atap Arsitektur Jawa.

Dalam kesempatan ini, penulis berusaha untuk memberi informasi mengenai Tipologi Bagunan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat memiliki dua tipologi bangunan berdasarkan struktur penyangga atap.

Tipe pertama adalah bangsal, yaitu bangunan terbuka dengan deretan tiang (saka) sebagai struktur penyangga atap. Bangsal digunakan sebagai ruang pertemuan terbuka, seperti Bngsal kencana yang digunakan untuk Pesowanan Ngabakten.

Tipologi kedua adalah gedhongg yang memiliki struktur penyangga atap berupa bidang dinding dari konstruksi kayu atau batu bata. Fungsi utamanya adalah sebagai tempat tinggal, tetapi sekarang banyak berubah menjadi tempat penyimpanan pusaka. Contohnya adalah Gedhong Prabayekas. Diluar kedua tipe bangunan tersebut, terdapat bale yang secara tipologi dapat mencirikan keduanya. Pertama adalah Bale Bang dan Bale Angun-Angun di pelataran Sitihinggil Lor yang menyerupai tipologi gedhong. Sementara Bale Anti Wahana di pelataran Kemandhungan Lor berupa bangunan terbukayang menyerupai tipologi bangsal.

Terima Kasih. semoga bermanfaat.

0 Response to "Tipologi Bangunan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat"