Agama Orang Jawa Sebelum Masuknya Islam

Pohon Kepercayaan, zainfadhil.files.wordpress.com
www.jogjadestination.comAgama Orang Jawa Sebelum Masuknya Islam. Agama Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah suatu sistem yang mengatur tata keimanan (kepercayaan) dan peribadatan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa serta tata kaidah yang berhubungan dengan pergaulan manusia dan manusia serta lingkungannya. Kata agama berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti "tradisi".

Orang Jawa sebelum Islam sudah mempunyai aliran kepercayaan atau agama yang sudah dipercyai sejak zaman nenek moyang. Lalu apa saja agama orang Jawa pada masa sebelum Islam:

Animisme adalah kepercayaan bahwa setiap benda di Bumi ini, (seperti kawasan tertentu, gua, pohon atau batu besar), mempunyai jiwa yang mesti dihormati agar roh tersebut tidak menggangu manusia, malah membantu mereka dari roh jahat dalam kehidupan seharian mereka.

Dinamisme adalah pemujaan terhadap roh nenek moyang yang telah meninggal menetap di tempat-tempat tertentu, seperti pohon-pohon besar. Arwah nenek moyang itu sering dimintai tolong untuk urusan mereka.


Hindu  adalah agama tertua di dunia yang masih bertahan hingga kini. dan orang Hindu menyebut agamanya sendiri dengan sebutan  " darmaabadi" atau "jalan abadi" yang mula manusia. Agama ini menyediakan kewajiban "kekal" untuk diikuti oleh seluruh umatnya tanpa memandang strata, kasta atau sekte kejujuran, kesucian dan pengendalian diri.

Buddha atau Buddhisme adalah sebuah agama nonteistik atau filsafat (Sanskrit: dharma: Pali) yang berasal dari anak benua India yang meliputi beragam tradisi; kepercayaan, dan praktik yang sebagai spiritual yang sebagaimana besar berdasarkan pada ajaran yang dikaitkan dengan Siddhartha Gautama, yang secara umum dikenal sebagai besar ajaranya sebagai Sang Buddha (berarti "yang telah sadar"). Sang Buddha hidup dan mengajar di bagian timur anak benua India dalam beberapa waktu antara abad ke-6 sampai ke-4 SM (sebelum masehi).

Selain ke-empat agama di atas ada satu agama lagi yang belum banyak orang mengetahuinya, yaitu agama itu disebut dengan nama Kapitanyan. Agama ini mungkin tidak banyak orang yang tau bahwa orang Jawa pernah menganut agama tersebut sebelum Islam masuk.

Dalam dunia keagamaan orang Jawa sebelum masuknya Islam sudah mempunyai aliran kepercayaan yang  sampai saat ini bisa dilihat dan dibuktikan keberadaanya melewati peninggalan-peninggalan budaya dan peradabanya.

0 Response to "Agama Orang Jawa Sebelum Masuknya Islam"