Puncak Acara Sekaten Jogja 2017

www.jogjadestination.comPuncak Acara Sekaten Jogja 2017, Sekaten Jogja yang sudah setiap tahun digelar memiliki keunikan tersendiri bagi para warga-warga Jogja sendiri dan luar jogja. Sekaten Jogja 2017 digelar tidak seperti tahun-tahun sebelumnya yang biasanya berlangsung sekitar 2 sampai satu setengah bulan. Pada tahun ini Sekaten Jogja 2017 hanya digelar selama 20 hari, dari tanggal 10-30 Novemeber 2017.

Puncak Acara Sekaten Jogja dilaksanakan pada kamis 30 Novemeber 2017, yang dimuali dengan penabohan gamelan pusaka Keraton dan berlanjut ke-rangkaian acara puncak selanjutnya.

Acara puncak tidak hanya 1 ritual yang dilaksanakan, namun ada beberapa ritual yang akan dilaksanakan dalam acara puncak tersebut.

Keraton Ngayogyakarta Hadinigrat merupakan satu-satunya Kerajaan yang masih berdiri sampai sekarang di Indonesia, Ritual kebudayaan mereka sendiri sudah tidak asing bagi masyarakat luas, contoh saja seperti di ritual dan acara-acara yang digelar saat mempringati kelahiran Nabi Muhammad SAW, Kerajaan yang mengakui Islam sebagai agama kerajaan ini memperinggati kelahiran Nabi Muhammad SAW seperti:

PMPS Pasar Malam Perayaan Sekaten 
Sebelum acara puncak digelar, ada acara awalan terlebih dahulu, yaitu PMPS, orang-orang biasanya menyebut acara ini dengan Sekatenan. Acara ini sendiri di gelar di Alun-alun Utara Yogyakarta, yang biasanya berlangsung selama satu sampai dua bulan. Setelah acara ini selesai atau masih berbarengan dengan acara PMPS acara puncak pun dilaksankan. Acara puncak dilaksanakan dengan patok kalender penanggalan baik itu Hijriah, Masehi dan Jawa. Di Kalender Hijriah bertanggal 12 Rabi'ul Awal yang bertepatan dengan kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Puncak Acara
Kraton Jogja




Ada beberapa acara yang tidak ditulis dalam gambar diatas seperti:Udhik-udhik dan lain-lain. Namun pada tahun 2017 ada acara yang hanya digelar dalam waktu 8 tahun sekali (tahun Dal) yaitu Jejak Benteng,


Puncak Acara ini terhitung dari kamis malam jumat sampai jumat malam sabtu, atau digelar selama dua hari. Berhubungan dengan itu maka ada wisata-wisata yang harus ditutup dalam acara puncak tersebut. Contoh saja seperti:

Pemberitahuan, Kraton jogja




Iya salah satu wisata yang ditutup sementara adalah wisata keraton. Wisata keraton ditutup sementara dalam perayaan puncak acara Sekaten 2017.

Sekian. Terimakasih

0 Response to "Puncak Acara Sekaten Jogja 2017"