Tradisi Hajad Dalem Garebeg Kraton Yogyakarta

Salah Satu Tradisi Keraton Yogyakarta, wego.co.id
www.jogjadestination.comTradisi Hajad Dalem Garebeg Keraton Yogyakarta, Kemarin, di penghujung bulan November tepatnya pada Kamis 30 November2017,  Keraton Yogyakarta baru saja melakukan tradisinya dalam memperingati maulid/kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Tradisi yang selalu digelar setiap tahun merupakan salah satu tradisi yang turun temurun dari Kerajaan Mataram Yogyakarta. Tradisi ini sudah ada atau diperinggati sejak Kerajaan Mataram Yogyakarta (sekarang Keraton Yogyakata) menyatahkan bahwa agama Kerajaanya adalah Islam, Oleh sebab itu Keraton Yogyakarta selalu memperingati tradisi itu setiap satu tahun sekali yang bertepatan dengan lahirnya Nabi Muhammad SAW.

Keraton Yogyakarta dalam mempringati kelahiran Nabi Muhammad SAW, mempunyai banyak tradisi atau acara seperti: PMPS (sebelum acara puncak digelar), Hajad Dalem Garebeg, Kondur Gangsal Dal, Grebeg Mulud, dan masih banyak lagi.

Sedangkan dalam kesempatan ini, kita akan membahas tentang Hajad Dalem Garebeg, Apa sih itu Hajad Dalem Garebeg?

                                BACA JUGA : Cara Belanja Oleh-oleh Murah di Jogja

Hajad Dalem Garebeg merupakan warisan dari Kerajaan Mataram dengan latar belakang budaya agraris. Beberapa tradisi yang menyertai, seperti sega gurih menjadi ciri dari masyarakat bercocok tanam. Sega gurih dahulu merupakan makanan masyarakat di Arab yang dikenal dengan sebutan nasi samin dan dialkulturasi oleh Sultan Agung di Jawa. Perbedaan antara nasi samin dan gurih adalah pada pembuatanya. Nasi samin dibuat dengan minyak samin, sedangkan nasi gurih dibuat menggunakan minyak kelapa untuk memberikan rasa gurih. Sementara itu, sega gurih juga sering disebut dengan sega wuduk sebab ketika Abdi dalem akan memasak nasi tersebut haruslah berwudhu terlebih dahulu. Pembuatan nasi gurih di Keraton dilakukan sehari sebelum dilaksanakanya Gerebeg Mulud Dal.

Yaa itulah penjelasan dari Hajad Dalem Garebeg, bagi anda yang belum pernah tau tradisi itu anda bisa melihat ke Keraton pada waktunya dan bahkan kalau beruntung anda bisa mencicipinya, Sekian. Terimakasih.

0 Response to "Tradisi Hajad Dalem Garebeg Kraton Yogyakarta"