Sekaten Jogja 2017, kurang satu minggu lagi

www.jogjadestination.comSekaten Jogja 2017, kurang satu minggu lagi. Di Bulan November ini Sekaten akan segera dibuka, PMPS pasar malam perayaan sekaten agenda rutinan dari Kota Yogyakarta siap menyelenggarakan PMPS 2017.

Sekaten mempunyai arti syahadattain: dua syahadat. Sekaten sendiri buka hanya ada di Jogja, namun di Solo pun mengadakan sekaten dengan acara yang berbeda dari Keraton Kesultanan Yogyakarata. 
Acara ini sendiri adalah agenda tahunan dari kedua Keraton di tanah Jawa tersebut dan dengan cara perayaanya yang berbeda, di Jogja Sekaten dilaksanakan dengan PMPS pasar malam perayaan sekaten sebelum acara puncak Sekaten digelar, acara sekaten di Jogja biasanya digelar untuk menyambut tahun baru hijriah dan bertempat di Alun-alun Utara Jogja atau dikenal luas dengan Alun-alun Gede.Untuk tahun ini kapan sekaten akan dibuka?

Dari hasil observasi dan wawancara kami ada 3 orang yang mengutarakan pendapatnya tentang Sekaten Jogja 2017:

"Mungkin kurang satu sampai dua minggu lagi sekaten jogja akan dibuka mas" Tandas (Haryono) tukang parkir PMPS Jogja 2017, 

Kalau tanggal pastinya berapa pak?

"Yaa melihat pengalaman tahun kemaren kalau sudah ada seperti ini ya mungkin sekitar tanggal 10-15 akan resmi dibuka" Tandas (Haryono) tukang parkir PMPS Jogja 2017, 

Tanggal berapa sekaten Jogja 2017 resmi dibuka pak?

"Sekitar dua minggu lagi mas" Tandas (Suwito) pedagan di PMPS Jogja 2017. 

Kok masih lama pak! lalu kenapa bapak sudah disini dari sekarang pak?

"Iyaa saya kesinikan sambil mencari rizki toh mas! dan juga kalau gak mencari stand jualan dari jauh-jauh hari yaa tidak akan ke bagian mas" Tandas (Suwito) pedagang PMPS Jogja 2017. 

Tanggal berapa sekaten Jogja 2017 resmi dibuka mas?

"Paling tanggal 10 November 2017 mas" Tandas Nouval orang Jogja yang rumahnya dekat Keraton.

Itulah hasil Wawancara yang kami peroleh dari 3 narasumber yang kami wawancarai, kami sendiri lebih menyakini pendapat narasumber yang ke-3 yang mengatakan tanggal 10 November 2017, dikarenakan dari hasil observasi lapangan kami, kalau suasanya sudah seperti itu maka tidak akan lama lagi Sekaten akan dibuka, sama seperti keadaan tahun kemrin. Dari hasil wawancara dan observasi kami belum bisa mewawancarai dari pihak pampel sendiri dan juga belum ada informasi tentang kapan Sekaten 2017 itu akan resmi dibuka.

Dalam hari-hari terahir ini kalau anda ke Alun-alun Utara Yogyakarta memang sudah ada PMPSnya dan sudah ramai, namun itu belum resmi dibuka atau bisa dikatakan belum siap 100% karena dari pihak pampel sendiri belum ada informasi yang lebih lanjut tentang pembukaan acara tersebut. 

BACA JUGA INFO TENTANG JOGJA LAINYA: Jogjadestination

Jadi hasil wawancara kami tentang Sekaten Jogja 2017 akan dibuka tanggal 10 November 2017, tinggal kita tunggu saja apakah benar ditanggal itu atau tidak? kita tunggu tanggal mainya saja hehehehe

0 Response to "Sekaten Jogja 2017, kurang satu minggu lagi"