Gerobak Mie Ayam : Cikal Bakal Pondok Pesantren Ulul Albab Balirejo Yogyakarta

Gedung Ponpes Ulul Albab, Dok Pribadi

www.jogjadestination.comGerobak Mie Ayam : Cikal Bakal Pondok Pesantren Ulul Albab Balirejo Yogyakarta.  Assalamualaikum Wr Wb.
Pondok dan Pesantren merupakan dua kata yang mempunyai arti sendiri-sendiri, Pondok adalah suatu tempat tinggal atau asrama. Sedangkan Pesantren adalah sebuah pendidikan tradisional yang para siswanya tinggal bersama dan belajar di bawah bimbingan guru yang lebih dikenal dengan sebutan kyai dan mempunyai asrama untuk tempat menginap santri. Jadi Pondok Pesantren adalah tempat tinggal para santri.

Pondok Pesantren Ulul Albab merupakan Pondok yang berdiri tahun 2013 yang diasuh oleh H Ahmad Yubaidi, memiliki 200 santri dan semuanya mahasiswa. Nama Pondok sendiri terinspirasi dari kata Ulul Albab karena setiap beliau ngaji sering ditemui kata tersebut, akhirnya nama tersebut ditetapkan sebagai nama Pondok. Untuk kegiatan Pondok ini sangat mengutamakan kuliah dari santri-santrinya jadi pondok ini kegiatanya ada yang tahunan dan harian : tahunan seperti penyembelian hewan qurban dll, harian Sholat berjamaah, Dzikir, Ngaji, Sholawatan dan masih banyak lagi. Pondok Ulul Albab ini sendiri adalah Pondok yang bercorak NU. "Jadi Islam itu jangan abu-abu kalau sudah tau pilihlah dan tegaskan mana yang baik dan buruk", Ujar Pengasuh Pon Pes Ulul Albab.     

Belum sempurna apabila kita tidak membahas tentang sejarah dari Pondok Pesantren Ulul Albab

SEJARAH PONDOK PESANTREN ULUL ALBAB BALIREJO YOGYAKARTA
Gerobak Mie Ayam cikal bakal Pondok Pesantren Ulul Albab, Iyaa mungkin itulah kata-kata yang tepat untuk mengulas kembali perintisan Pondok Pesantren Ulul Albab. Pada tahun1992 H Ahmad Yubaidi (sekarang pengasuh pon pes ulul albab) Hanyalah seorang pedagan mie ayam keliling, buku dan membuka kursus Bahasa Inggris, walaupun dia mempunyai gelar sarjana S1 dibeberapa kampus di Yogyakarata Namun dia memilih untuk bekerja seperti itu. Awal mulanya karir "saya belum semapan sekarang " Ujar Pengasuh Pon Pes Ulul Albab. Beliau dann sitrinya benar-benar merintis semuanya dari Nol.
Setelah beberapa tahun berjalan tepatnya pada tahun 1994 beliau membeli tanah di Balirejo (nanti menjadi Pon Pes Ulul Albab) beliau berkata saat-saat inilah waktu yang bersejarah bagi saya dan keluarga saya, sebelum pagi pembelian tanah tersebut saya bermimpi: " Di mimpi itu saya diundang Sultan ke Keraton dan saya berpakaian adat lengkap, setelah itu saya dikasih minur oleh Ratu setelah dikasih minum saya pun terbangun, setelah mimpi itu yaa saya anggap biasa-biasa saja, eh ternyata besoknya saya beli tanah tersebut, dan teryata tanh yang saya beli itu adalah milik Sultan, Lah setelah itu saya berfikir bahwa mimpi itu tadi mengasih tau saya akan tanah yang akan saya beli"
Dan di tahun itu juga bangunan pertama pun didirikan, pada waktu itu belum ada niatan untuk membuat Pondok, membangun 11 kamar yang 3 untuk keluarga saya dan lebihnya untuk disewakan (Kos-kosan), setelah bebrapa tahun berlalu karir beliau pun semakin bagus dari segi ekonomi maupun karir, akhirnya beliau pun bisa mendirikan 2 bangunan lagi dan semuanya untuk disewakan. "Pada saat itu saya sudah menjadi pengacara dan bisnis makanan saya semakin lancar"  Ujar Pengasuh Pon Pes Ulul Albab. Setelah 19 tahun berlalu tepatnya pada tahun 2013 awal hati beliau gundah, resah dan bingung. Karena anak Kos semakin nakal, brutal dan tidak mau diatur, kasusnya : Menghamili orang, mabuk-mabukan, tawuran dan masih banyak lagi, padahal itu hanya Kos-kosan untuk laki-laki. Lah dari sinilah baru munculah niatan untuk menjadikan Kos-kosanya menjadi Pondok. Pada Bulan Juli 2013 beliau mengukuhkan niatnya untuk menjadikan Kos-kosannya sebagai Pondok, Dari hasil mondok beliau dari MI sampai Aliyah beliau bertekat seperti itu "Sudah saya tidak menerima Kos kalau mau tinggal disini ya Mondok"Ujar Pengasuh Pon Pes Ulul Albab menolak orang yang mau ngekos di Pondoknya. Pada awal berdirinya Pondok belum memiliki nama, Reaksi dari masyarakat sendiri tentang berubahnya Kos-kosan menjadi Pondok banyak ada yang kontra namun banyak juga yang mendukung. Setelah menjadi Pondok hanya 6 orang yang masih tetap tinggal di situ dan bersedia menjadi santri, "yang lainya ada yang keluar ada juga yang masih disini, namun tidak mau nyantri dan tidak mau pindah walaupun sudah dikasih uang untuk pindah", Ujar Pengasuh Pon Pes Ulul Albab. Baru pada tahun 2014 semua bekas kamar kos terpenuhi karena banyak yang daftar untuk menjadi santri dan pada saat itu juga nama Ulul Albab diresmikan sebagai nama Pondok Pesantren dengan visi misi Mencetak cendekiawan muslim yang setrata sarjana dan berlandaskan agama. "Yaa sekarang sudah menjadi Pondok, Pondok ini untuk mahasiswa saya tidak berhenti berdoa agar ridho allah selalu dilimpahkan kepada saya" Ujar Pengasuh Pon Pes Ulul Albab. Ayoo Mondok di Ulul Albab hehehe. Iyaa itulah sejarah singkat dari Pondok Pesantren Ulul Albab Balirejo Yogyakarta. Semoga Bermanfaat, Sekilan terima kasih, Wasalamualaikum Wr. Wb.

Foto tim peneliti dengan pengasuh Ponpes Ulul Albab. Dok Pribadi.

Kegiatan Ponpes Ulul Albab, Dok yayasan ponpes ulul albab.
BACA JUGA KELANJUTANNYA : www.jogjadestinatiaon.com

2 Responses to "Gerobak Mie Ayam : Cikal Bakal Pondok Pesantren Ulul Albab Balirejo Yogyakarta"