Masjid An Nurumi Yogyakarta

Masjid An Nurumi, Dok Pribadi
www.jogjadestination.com-Masjid An Nurumi Yogyakarta. Masjid yang ada di Indonesia kebanyakan arsitekturnya akan meniru ciri arsitektur daerah Arab, Asia Selatan, dan Persia dan sedikit sentuhan pengabungan arsitektur Jawa khususnya ini terpadat di Yogyakarta dan Indonesia.

Bicara tentang masjid tidak akan terlepas dari segala unsur-unsur yang ada di dalamnya baik itu merupakan, arsitektur bangunan, sejarah, jamaah dan tempat masjid tersebut. Bahasan tentang Masjid tidak akan ada habisnya, seriring bergantinya zaman tentu corak variasinya akan semakin berkembang dan tidak akan ada habisnya untuk dibahasa.

Di Yogyakarta sendiri terdapat masjid yang unik dan baru berdiri baru-baru ini. Masjidnya bernama Masjid An Nurumi yang terkenal seperti bangunan di negeri dongeng
.
PROFIL MASJID AN NURUMI
Masjid dengan luas 12 meter dan panjang 12, memiliki kuba sebanyak 9 dengan filosofi makna tersendiri merupakan salah satu masjid terunik di Yogyakarta. Di Masjid ini terdapat 4 pintu dengan tinggi Masjid 26,5 meter dan didukung oleh interior warna masjid yang berwarna-warni seperti, putih, biru, emas dan hijau. Masjid ini terdapat 10 Sfap untuk sholat dan kapasitanya mencapai 250 orang.

SEKILAH SEJARAH MASJID AN NURUMI
Niatan membuat Masjid itu mula-mulanya sudah ada sejak awal 2004 dikarenakan beliau merasa serah akan tempat ibadah yang belum ada dalam fasilitas warungnya, penyebaab ini muncul karena pada suatu hari warung makan yang dinamakan Ayam Goreng Mbok Berek ini menerima tamu makan 7 Bus dari SMA 1 Yogyakarta. Namun tidak ada tempat ibadah yang bisa menampung sebegitu banyak tamu makanya yang ingin beribadah, dulunya memang ada namun cuman ruangan kecil dan harus bergantian, ada Masjid juga, namun jauh dari warung makan Mbok Berek. Lalu melihat kenyataan seperti itu akhirnya Hj. Nur Salim pun Nazar jika nanti saya dikasih rezeki yang cukup saya akan membuatkan tempat ibadah yang bisa digunakan untuk beribadah kaum muslim, Awalnya beliau hanya ingin membangun Musholla, namun beliau mendapatkan rezeki yang cukup untuk membuat Masjid.
Pada 2004 Hj. Ibu Nur Salim menunaikan umrah ke tanah suci Mekkah namun beliau memilih jalan pulang dari mekkah lewat Rusia, akhirnya disitulah beliau berhenti sejenak di Kramelin Moskwa. dan mengabadikan gamabar yang difotonya, dikira bangunan itu adalah Masjid karena memiliki kubah. Namun bangunan itu tidak Masjid Melainkan Benteng Kremelin.
Sepulang-kepulanganya dari Umroh beliau sudah sangat ingin merealisasikan mimpinya yang ingin membangun masjid seperti benteng kremelin tersebut karna masalah dana sudah dirasa cukup maka beliau pun mencari arsitek yang bisa membangunkan masjid seperti yang di foto beliau di Kremelin tadi, dan dia memanfatkan tanah kosong samping rumahnya yang merupakan miliknya sendiri, akhirnya beliau pun menemukan arsiteknya dan sangup membuatkan Masjid seperti yang di fotonya tadi. Pada bulan Juli 2005 mulailah membangun Masjid tersebut yang di arsetike oleh H. Syahbani. Pria asal Wonosobo ini sanggup membuatkan seperti apa yang di inginkan Hj. Nur Salim, pembangunan sendiri memakan waktu 2 tahun tepatnya selesai pada 9 Agustus 2007, dan akhirnya mimpi Hj. Nur Salim pun terwujud dan Masjid di Alli fugsikan sebagai mana Masjid-masjid pada umumnya. Nama Masjid sendiri terinspirasi dari nama Ibu Hj. Nur Salim Sendiri. Ini namanya warung makan yang barokah hehehehe.



Bagi anda yang berwisata ke Yogyakarta belum afdol kalau belum mengunjungi Masjid tersebut pasalnya Masjid ini cukup unik dan sangat diutamakan untuk para musafir.

0 Response to "Masjid An Nurumi Yogyakarta"