Inilah Masjid Terunik di Yogyakarta

Kremelin Moskwa, www.askideas.com
www.jogjadestination.comInilah Masjid Terunik di Yogyakarta. Dilansir dari wikipedia, Masjid atau mesjid adalah rumah tempat ibadah umat Islam atau Muslim. Masjid artinya tempat sujud, sebutan lain bagi masjid di Indonesia adalah musholla, langgar, atau surau. Istilah tersebut diperuntukan bagi masjid yang tidak digunakan untuk Sholat Jum'at, dan umumnya berukuran kecil. Selain digunakan sebagai tempat ibadah, masjid juga merupakan pusat kehidupan komunitas muslim. Kegiatan-kegiatan perayaan hari besar, diskusi, kajian agama, ceramah dan belajar Al Qur'an sering dilaksanakan di Masjid. Bahkan dalam sejarah Islam, masjid turut memegang peranan dalam aktivitas sosial kemasyarakatan hingga kemiliteran.

Masjid di Jogja umumnya mempunyai arsitektur yang berbau Jawa, Asia Tengah, Asia Selatan dan Arab. Namun masjid ini mempunyai keunikan yang sangat sulit dijumpai di Indonesia, Masjid ini dikatakan masjid yang unik dikarenakan dari gaya arsitekturnya yang sangat tidak umum berada di Indonesia. Umumnya bangunan seperti ini hanya akan kita jumpai di Benua Eropa dan bahkan bangunan seperti ini di Eropa tidak di Namai sebagai Masjid, namun sebagai bentang, menara dan lain-lain.

Masjid ini terletak di Kec. Kalasan Seleman Yogyakarta. Namanya adalah Masjid An Nurumi, Masjid ini dikatakan unik dikarenakan gaya arsitekturnya seperti di negeri diongeng. Bangunan masjid mirip dengan bangunan benteng yang berada di Moskwa Rusia. Masji ini berwal dari cita-cita mulia seorang penjual warung makan di sekitar masjid itu. Yaa mungkin kalau belum kami jelaskan tentang sejarahnya musgkin kurang afdol dan tidak sempurna;

SEKILAH SEJARAH MASJID AN NURUMI
Niatan membuat Masjid itu mula-mulanya sudah ada sejak awal 2004 dikarenakan beliau merasa serah akan tempat ibadah yang belum ada dalam fasilitas warungnya, penyebaab ini muncul karena pada suatu hari warung makan yang dinamakan Ayam Goreng Mbok Berek ini menerima tamu makan 7 Bus dari SMA 1 Yogyakarta. Namun tidak ada tempat ibadah yang bisa menampung sebegitu banyak tamu makanya yang ingin beribadah, dulunya memang ada namun cuman ruangan kecil dan harus bergantian, ada Masjid juga, namun jauh dari warung makan Mbok Berek. Lalu melihat kenyataan seperti itu akhirnya Hj. Nur Salim pun Nazar jika nanti saya dikasih rezeki yang cukup saya akan membuatkan tempat ibadah yang bisa digunakan untuk beribadah kaum muslim, Awalnya beliau hanya ingin membangun Musholla, namun beliau mendapatkan rezeki yang cukup untuk membuat Masjid.
Pada 2004 Hj. Ibu Nur Salim menunaikan umrah ke tanah suci Mekkah namun beliau memilih jalan pulang dari mekkah lewat Rusia, akhirnya disitulah beliau berhenti sejenak di Kramelin Moskwa. dan mengabadikan gamabar yang difotonya, dikira bangunan itu adalah Masjid karena memiliki kubah. Namun bangunan itu tidak Masjid Melainkan Benteng Kremelin.
Sepulang-kepulanganya dari Umroh beliau sudah sangat ingin merealisasikan mimpinya yang ingin membangun masjid seperti benteng kremelin tersebut karna masalah dana sudah dirasa cukup maka beliau pun mencari arsitek yang bisa membangunkan masjid seperti yang di foto beliau di Kremelin tadi, dan dia memanfatkan tanah kosong samping rumahnya yang merupakan miliknya sendiri, akhirnya beliau pun menemukan arsiteknya dan sangup membuatkan Masjid seperti yang di fotonya tadi. Pada bulan Juli 2005 mulailah membangun Masjid tersebut yang di arsetike oleh H. Syahbani. Pria asal Wonosobo ini sanggup membuatkan seperti apa yang di inginkan Hj. Nur Salim, pembangunan sendiri memakan waktu 2 tahun tepatnya selesai pada 9 Agustus 2007, dan akhirnya mimpi Hj. Nur Salim pun terwujud dan Masjid di Alli fugsikan sebagai mana Masjid-masjid pada umumnya. Nama Masjid sendiri terinspirasi dari nama Ibu Hj. Nur Salim Sendiri. Ini namanya warung makan yang barokah hehehehe
Masjid An Nurumi, Dok Pribadi

Yaa itulah sedikit sejarah dar Masjid An Nurumi, jadi bisa disimpulkan bahwa masjid ini terinspirasi dari bangunan Benteng Kremelin, dan akhirnya niat baik beliau mendapatkan ridho Allah sehingga bisa merealisasikan niatan beliau. Terima Kasih semoga bermanfat.
Warung Ayam Goreng Mbok Berek, Dok P


BACA JUGA INFO DAN ARTIKEK MENARIK LAINYA : www.jogjadestination.com

0 Response to "Inilah Masjid Terunik di Yogyakarta"