Sekilas Tentang Yogyakarta

Logo Yogyakarta, Sumber: https://1.bp.blogspot.com
Sekilas Tentang Yogyakarta. Dearah Istimewa Yogyakarta merupakan bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia terletak di sebelah Selatan Pulau Jawa berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Tengah. Sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Magelang, sebelah Timur berbatasan dengan Kabupaten Klaten, sebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten Purworejo dan sebelah Selatan berbatasan dengan Samodra Indonesia. Luas DIY kurang lebih 3. 185,80 Km dengan jumblah penduduk 2.457.757 jiwa (Sumber: BPS, 2010). 



Wilayah DIY dibagi menjadi 5 Daerah Otonom, yaitu;


1. Kota Yogyakarta, sekalius sebagai Ibu Kota Daerah Istimewa Yogyakarta.

2. Kabupaten Sleman, dengan Ibu Kota Beran, berada di sebelah utara Kota Yogyakarta.

3. Kabupaten Bantl, dengan Ibu Kota Bantul, berada di sebelah selatan Kota Yogyakarta.

4. Kabupaten Kulon Progo, dengan Ibu Kota Wates, terletak di sebelah barat Kota Yogyakarta.

5. Kabupaten Gunung Kidul, dengan Ibu Kota Wonosari, terletak di sebalah tenggara Kota Yogyakarta.

Pada tahun 1946 Pemerintah RI mendirikan Universutas Gadjah Mada (UGM), merupakan Universitas Negeri yang lahir pertama kali di zaman setelah kemerdekaan, dan menggunakan Kraton sebagai temapat kuliah, meskipun sebelumnya tahun 1945 telah berdiri Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta. Selanjutnya diikuti berdirinya Akademi Seni Rupa dan Seni Musik Indonesia sekarang (ISI) dan (Universitas Agama Islam Negeri Sunan Kalijaga).

Seiring berjalanya waktu, saat ini perguruan tinggi di Yogyakarta berjumlah 128 buah, terdiri dari 4 Universitas Negeri, 17 Universitas Swasta, 1 Institut Negeri, 5 Institut Swasta, 4 Sekolah Tinggi Negeri/Kedinasan, 44 Sekolah Tinggi Swasta, 2 Akademi Negeri/Kedinasan, 43 Akademi Swasta,1 Politeknik Negeri, 7 Politeknik Swasta, 1 Universitas Terbuka UPBJJ Yogyakarta (cabang Universitas Terbuka Yogyakarta).

Jumlah Mahasiswa yang setiap tahunya selalu naik, yang terdiri dari seluruh pelosok tanah air(berbagai suku) maka tidak berlebihan jika Yogyakarta dijuluki dengan Indonesia mini dan sekaligus sebagai Kota Pendidikan, di samping sebagai kota budaya, kota pariwisata, dan kota sejarah. Dengan visi pendidikan seperti itu, Yogyakarta bertekad untuk memberikan layanan yang prima bagi mahasiswa dengan menyediakan fasilitas dan mutu endidikan yang baik, serta lingkungan masyarakat  Yogyakarta yang kondusif terhadap pendidikan.

0 Response to "Sekilas Tentang Yogyakarta "