Keunggulan Yogyakarta di Bidang Pendidikan

Jln, Malioboro, Sumber:http://anekatempatwisata.com
Keunggulan Yogyakarta di Bidang Pendidikan, Yogyakarta merupakan sebuah daerah istimewayng terletak di bagian selatan Pulau Jawa. Iklim di Yogyakarta tidak jauh beda dengan iklim kota lain di Indonesia. Suhu harian 26-28 C dan kelembapan rata-rata 24,7 %, dengan curah hujan 1700 mm/th yang sebagian besar jatuh di musim hujan. Kondisi topografi Yogyakarta sebagian besar berupa dataran rendah, dan sebagian lain pegunungan. Iklim Yogyakarta cukup nyaman untuk belajar dan bekerja.

Beberp kelebihan Yogyakarta antar lain:

  • Prilaku masyarakat yang ramah, dan bersahaja, membuat orang Yogyakarta dikenal cepat akrab dengan pendatan dari berbagai suku, ras dan etnis yang beragam. Oleh karenanya Yogyakrta dikenal dengan sebutan city of tolerance atau city hospitaly

  • Kepemimpinan Sri Sultan Hamengku Buwono X yang merupakan Gubernur DIY, sekaligus raja yang dihormati oleh rakyatnya dan nsional yang disegni,

  • Reputasi sebagai kota pelajar dan pusat pendidikan utama di Indonesia didukuing dengan berbagai fasilitas pendidikan yang memadai.

  • Jogja memiliki berbgai objek wista, antara lain panorama alam, wisata seni dsn budaya , wisata kerajinan, wisata akademis dan wista agronomis.

  • Apresiasi masyarakatnya trhadap seni budaya sangat tinggi, menjamin terjaganya kelestarian budaya leluhur dan terjdinya perkembangan budaya yang akan memperkaya budaya dan kesenian di Yogyakarta. Di kota ini banyak seniman yang mulai merintis karya hingga menjadi seniman besar, sebut saja WS. Rendra (alm), Umbu Latu Paringgi, AG. Linus Suryadi (alm), Emh Ainun Nadjib (Cak Nun), Chairil Anwar (alm), Affandi (alm), Sapto Hudoyo (alm), Butet Kartaradjasa, dan masih banyak lagi yang tidak sempat disebutkn di sini.

  • Jaringan perhubungan darat dan udara yang terhubung seluruh wilayah di Insdonesia, Bahkan dengan bandara disucipto yang merupakan bandara internasional, hubungan ke luar negeri semakin terbuka. Infrastuktur pendukung seperti jalan raya, terminal, bandra dan fasilitas publik moderen mempermuda aksebilitas masyarakat.

  • Banyaknya sarana pendukung, ruang publik (public space) pengembangan pelajar?mahasiswa, misalnya pusat kursus bahasa asing, komputer dan internet , toko-toko buku relatif murah, akses internet (WIFI) hampir di semua warung makan dan warung kopi.

  • Tersdiasarana penunjang pariwisata seperti pusat perbelanjaan hiburan, penginapan/hotel dan fasilitas lain yang tidak kalah modern dengan kota besar lain di Indonesia.

  • Biaya hidup yang relatif lebih terjangkau dari kota besar lain menjadikan kota ini selalu menarik pendtang dari luar dengan berbagai keperluan untuk tinggal. 


0 Response to "Keunggulan Yogyakarta di Bidang Pendidikan"