Jogja: Kota Pendidikn Terkemuka

Tugu Yogyakarta, Sumber: http://www.hotelponcowinatan.com
Jogja: Kota Pendidikn Terkemuka. Yogyakarta merupkan "kwan candradimuka" bagi calon pemimpin bangsa ini, memiliki atmosfir akademik yang sangat mendukung mereka untuk berkembang, baik dalam hal akademik maupun kepribadian. Yogyakarta juga sangat kaya dengan sumber belajar, seperti: perpustakaan, laboratorium, (kmpus dsn alam) dan pusat-pusat studi baik di kampus maupun oleh masyarakat sendiri. Dalam perkembanganya sebagai kota pendidikan, Yogyakarta sulit dicari tandinganya. Yogyakarta juga dikenal memiliki sistem dan suasana belajar yang kondusif.

Semua itu terwujud ats kerja keras dan kerjasama antara Dewan Pendidikan, Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga, Komitmen Rekontruksi Pendidikan DIY, LSM di bidang pendidikan serta masyarakat lainnya.
Kebergaman etnis, budaya, suku dan agama, membawa dampak positip tersendidi, dalam hal pengembangan pribdi mahasiswa. Situasi ini secara tidak lngsung akan membangun pribadi yng beretika, beradab, menghargai keberagaman/pluralitas, mempunyai semangat juang dan kompetisi yang baik, dan wawasan komunikasi yang luas.

Di Yogyakarta terdapat 392.295 orang mahasiswa dlam negeri dan 3.432 orang mahasiswa asing yang tersebr di 128 PT baik negeri mupun swsta. Kualits pendidikan Yogyakarta dapat diukur dari prestsi PTN/PTS dalam mendapat hibah/bantuan penelitian dari Kemendikbud ataupun lembaga donor lur negeri. Hampir setiap tahun total dana penelitian, kerjasama dan pengabdin PT di Yogyakarta paling tinggi diantara pergurun tinggi lin di Indonesia.
Barangkali itu slah stu sebab intansi/perusahaan tetap mengutamakan Yogyakarta sebagi sasaran utama rekrutmen tenga kerja. Alumni PTN dan PTS Yogyakarta, banyak yang tersebar di seluruh pelosook tanah air bahkan luar negeri. Dengan predikatnya sebagai kota pendidikan dan ditambah dengn kondisi lingkungan alam yang damai, msyarakat yang ramah, faktor itulah yang membentuk karakter mahasiswa di Yogyakarta.
Yogyakarta menjdi pilihan utama calon mahasiswa untuk melanjutkan studi di kota ini. Bahkan dengan adanya pendidikan seni-budaya yang khas di kota ini, banyak mahasiswa dari luar negeri beljar seni budaya Indonesia di Yogyakarta. Demikian pula kesenin daerh yang dibawakan oleh mahasiswa daerah sering tampil dalam ivent-ivent tertentu. Ini yang membut Yogyakarta sebagai kota multikultural dan multietnis.


0 Response to "Jogja: Kota Pendidikn Terkemuka"