Ini Lah Alasan? Mengapa Yogyakarta Memiliki Sebutan Daerah Istimewa

Logo Jogja Istimewa: Sumber: http://www.visitingjogja.com/
Ini Lah Alasan? Mengapa Yogyakarta Memiliki Sebutan Daerah Istimewa. Yogyakarta adalah Daerah Istimewah yang dulunya pernah menyadang sebagai ibu kota negara Republik Indonesia. Sebelum ibu kota berganti ke Jakarta Yogyakarta lah yang lebih dahulu menjadi ibu kota negara Republik Indonesia. Dan Inilah Alasanya mengapa Yogyakata memiliki gelar Istimewa:




1. Kerajaan Mataram
Berbeda dengan kerajaan Majapahit, Kediri atau lainya kerajaan Mataram adalah kerajaan yang berada di Yogyakarta dan berdaulat untuk pulau Jawa. Kerajaan Mataram memiliki corak agama Islam Kejawen yang masih mempercayai mistik-mistik dan mitos-mitos. Faktor pertama dari alasanya adalah karena pada saat itu kerajaan Mataran masih aktif dan mempunyai rakyat yang ingin hidup tentram, maka dari itu semuanya bersemangat untuk mengusir penjajah.


2. Perjuangan Kemerdekaan
Perjuangan Kemerdekaan yang Riil di perjuangkan masyarakat Mataram dan Kerajaan Mataram untuk merdeka dari bangsa Belanda. Walaupun adu domba yang dilakukan oleh Belanda Masyarakat mataram dengan Kerajaanya tidak putus semangan untuk memperjuangkanya. 


3. Pahlawan Nasional
Mempunyai pahlawan nasional yang amat banyak dan menjadi salah satu kebangkitan dari bangsa Indonesia merupakan alasan selanjutnya. Kita lihat di awali dari Raden Mas Ontosuwiriyo atau Pangeran Diponegoro Yogyakarta berjuang untuk merdeka dari bangsa belanda. Lalu di lanjutkan oleh ba;pak pendidikan bangsa Indonesia yaitu ki hajar Dewantara. dan masih banyak lagi pahlawan-pahlwan yang memperjuangkan kemerdekaan dari Yogyakarta untuk Indonesia.


4. Para Sultan Yang Bijaksana dan Tidak Egois
Para Raja dari Mataram Yogyakartasangat bijaksana. Dulunya nama Indonesia belum ada mereka sebagai raja biasanya mereka menginginkan bahwa kerajaanya lah yang akan memimpin nusantara atau lain sebagainya. Namun tidak untuk Kerajaan Mataram Sultan yang adil membuat mereka pun menyeganinya. Sultan Yogyakarta memilih untuk berunding dengan para tokoh-tokoh perjuang kemerdekaan untuk  memakai nama Indonesia bukan Mataram, Walaupun pada saat itu biyaya perang dan gaji presiden yang mengaji adalah Sultan Yogyakarta.


Itulah 4 Faktor alasan dari gelar Daerah Istimewa yang di berikan negara untuk Yogyakarta. Cerita ini seperti Kerajaan Aceh yang juga di beri daerah Istimewa oleh Republik Indonesia. dengan alasan perjuangan Kemerdekaan Indonesia.


Atas kurang lebihnya dari artikel ini kami mohon maaf yang sebesar besarnya itulah 4 alasan menurut Jogjadestination.com.Itulah hasil terbaik dari penelitian kita tentang gelar istimewa yang di miliki Yogyakarta.
Terima kasih semoga bermanfaat. Amin!!!!!

0 Response to "Ini Lah Alasan? Mengapa Yogyakarta Memiliki Sebutan Daerah Istimewa"