Wisata Malam Yogyakarta, Yang Hanya 1 Tahun Sekali Adanya

Pasar Malam Sebelum Acara Skaten Yogyakarta: Sumber:http://yogyakarta.panduanwisata.id/
Wisata Malam Yogyakarta, Yang Hanya 1 Tahun Sekali Adanya, Wisata malam yang hanya digelar 1 kali dalam setahun yang pengunjungnya mampu menyedot berbagai kalangan masyarakat ini wajib hukumnya untuk kita ketahui dan kita kunjungi. Wisata ini membuat jantung kota Yogyakarta yaitu Malioboro kalah saing dan semua berpindah menuju acara tahunan ini, acara ini digelar di Altar (alun0alun utara Kraton Yogyakarta). taukah anda apa yang kami maksud wisata malam ini, tak kasih ciri-cirinya deh! biasanya digelar selama kurang lebh 50 hari dengan puncak perayaan yang megah dan ditutup dengan kehadiran Sultan Hamengkubuwono( Raja Kraton Yogyakara), di adakan dengan menghadirkan tumpengan, gamelan di Masjig Kauman dan para petingi-petingi yogyakarta biasanya hadrir memeriyakan acara ini. Sudah taukah anda? Iya jawabanya adalah Skaten atau perayaan adat istiadat kraton Yogyakarta sebelum memperingati Maulid Nabi. Skaten adalah singkatan dari Shahadat tain atau 2 sahadat dulunya Skaten tidak seperti yang sekarang, skaten dulu adalah menyuruh orang yang ingin masuk Islam untuk membaca Shahadat atau 2 kalimat Shahadat, maka dari itu namanya adalah Skaten singkatan dari Sahadat Tain 2 Shahadat, baru kalau sudah ada yang membaca sahadat pertunjukan seni pun di mulai dan dilakukan di halaman depat keraton Yogyakarta, atau sekarang alun-alun utara. Skaten merupakan acara tahunan yang diadakan Kraton Yogyakarta yang biasanya di gelar kurang lebih selama 50 hari, dengan puncak acara membunyikan gamelan peningalan wali songo yang masih disimpan dan hanya dibunyikan untuk acara ini. Gamelan tersebut merupakan peningalan dari wali songo yang sulunya di pakai wali songo sebagai penyiar agama Islam. Sebelum Skaten di mulai biasanya ada acara pasar malam yang menghiasa malam-malam sebelum skaten. Skaten Yogyakarta berbeda dengan skaten Surakarta, di Surakarta basanya ada kerbau Kyai Slamet. Namun, di Yogyakarta tidak ada kerbau-kerbau seperti itu, inilah beberapa yang ada dalam acara pasar malam dan skaten Yogyakarta:



1. Pasar Malam
Sebelum Skaten di mulai ada pasar malam yang menghiasi hari-harinya, di dalam pasar malam ini banyak wahana yang tersedia, Shoping-shoping pakaian disini pun ada, dari yang bekas sampai yang berkelas pun ada dan tersedia disini. Hiyasan lampu warna-warni menghiasi malam hari Altar(alun-alun utra Yogyakarta).


2. Puncak Perayaan Skaten
Di Malam puncak biasanya adanya gudungan-gundungan yang di buat untuk rebutan, gundungan atau tumpengan untuk merayakan maulid Nabi Muhammad SAW. Gamelan pun menghiasi hari-harinya di masjid Kauman gamelan yang biasanya berbunyi terus ini di bunyiklan oleh ahli gamelan yang hanya berhenti ketika waktu sholat saja.



Acara skaten membuat jalan sekitar Malioboro dan sekitarnya macet padaet dan sulit untuk menghindarinya. kalau anda berada di Yogyakarta waktyu sekaten silakan saja lihat pasti anda akan terkagum-kagum dengan Skaten Yogyakarta.


Terima kasih telah membaca Skaten Yogyakarta, Baca juga semua hal unik yang ada di Yogyakarta hanya di Jogjadestination.com Semoga bermanfaat.

0 Response to "Wisata Malam Yogyakarta, Yang Hanya 1 Tahun Sekali Adanya"