Inilah Alasan Mengapa? Mahasiswa UIN Sangat Cakap Berbicara Walaupun Itu Bukan Jurusan yang Mereka Geluti.

Mahasiswa Berdiskusi, Sumber: http://3.bp.blogspot.com/
Inilah Alasan Mengapa? Mahasiswa UIN Sangat Cakap Berbicara Walaupun Itu Bukan Jurusan yang Mereka Geluti. Universitas Negeri Islam adalah tempat untuk menuntuk ilmu para mahasiswa yang berbasis dengan agama yaitu Islam, UIN atau Universitas Negeri Islam memiliki ciri khas pendidikan khusus yang tidak bisa kita jumpai di Universitasuniversitam umum lainnya. UIN adalah sebutan untuk Kampus Islam negeri yang berada di Indonesia. Awal mulanya UIN bukan milik negara. Namun, milik yayasan contohnya seperti Yayasan Pondok Pesantren dan lain-lain ketika masih dimiliki oleh Yayasan biasanya Namanya belum UIN. Namun Sekolah Tingi Agama Islam atau biasanya disebut juga dengan STAI, seiring dengan berkembangnya zaman ada pula STAI yang bekerja sama dengan pemerintah untuk memajukan pendidikanya berbasis Internasional dan berdaya saing, lama kelamaan dari STAI menjadi IAIN setelah itu baru UIN.


Berbicara tentang mahasiswanya UIN memiliki mahasiswa yang beraneka ragam, dari yang kaya sampai yang miskin, dari yang ganteng sampai yang pas-pasan dan dari yang pinter sampai yang pinter mencontek hehehe. Keaneka ragaman itu bersatu dalam satu ikatan yaitu mahasiswa UIN. Mahasiswa UIN pun tidak menutup kemungkinan belum ahli sepenuhnya dalam ilmu agama, Mahasiswa UIN juga belum tentu tidak mahir dalam ilmu umum. Keunikan Mahasiswa UIN adalah dia selalu bisa berbicara apa yang di omongkan orang walaupun hanya menyangah, berbeda dengan Mahasiswa Universitas umum lainya yang hanya bisa bicara tentang apa yang mereka pelajari di prodinya. Dari segi pendidikan UIN atau Universitas Negeri Islam sangat tertingal jauh dengan kedisiplinan yang di terapkan di Universitas umum. Dosen-dosen UIN yang terkadang semaunya sendiri dan tidak mengenal peraturan malah menjadikan para mahasiswanya giat belajar karena alasan Barokah. dan inilah Alasan-alasanya:


1. Dosen Memiliki Keahlian Agama yang Cukup Mumpuni
Iya kuliahnya aja di UIN sudah tentu para dosen itu sangat menguasai tentang ilmu-ilmu agama, bukan hanya agama Islam saja. Namun, Para dosen biasanya bercerita tentang agama-agama yang lain dan mengajarkan kita untuk toleran senagai umat beragama


2. Memiliki Pemikiran yang Jenius
Sering bercerita dan berfikir membuat para dosen UIN memiliki pemikiran yang cemerang. Ide-ide dari mereka sering di sumbangkan untuk hal yang bermanfaat. Menghabiskan waktu-waktunya untuk menghabiskan buku-buku yang dia baca membuat faktor pemikiran itu semakin Jenius.


3. Dosenya Selalu Mengajarkan Tentang Pentingnya Menghargai Orang Walaupun Berbeda Pendapat Dengan Kita
Dosen yang istimewa rasanya apabila mengajarkan tentang perilaku seperti di atas. Lah inilah yang menjadi faktor selanjutnya bagi para dosen untuk selalu menangapi omongan orang dengan menghormati semua komentar yang dimiliki orang lain.


4. Mengajarkan Mahasiswanya Untuk Selalu Melaksanakan Amar Makruf Nahi Mungkan
Menjauh laranganya dan melaksanakan perintahnya adalah ajaran yang di ajarkan para dosen. Walaupun kita dalam keadaan yang terpepet ingatlah tentyang amalan ini. Sepertimelaksanakan sholat waktu di perjalanan walaupun tidak ada air disitu.


5. Selalu Mengajarkan Taat pada yang tua
Selalu taat, atau Tawadhu adalah salah satu faktor dari cakapnya mahasiswa UIN. para dosen mengajarkan seperti itu sehinga kita bisa di ajikan orang atau di segani orang dengan maksud tidak untuk ingin disegani, hanya ingin menangapi omongan orang dengan halus dan tata krama.



Itulah ke-5 alasan dari cakapnya Mahasiswa UIN berbicara. mereka selalu di ajarkan itu, bisa kita tarik kesimpulan bahwa mereka selalu di ajarkan ke taatan kepada para guru dan orang yang lebih tua. Bisa kita lihat sekarang bukti inimuncul ke permukaan ketika mahasiswa UIN lomba berdebat dengan Mahasiswa lainya yang se aslinya itu bukan jurusan mereka. Namun, mereka mendapatkan juara disitu. Mahasiswa UIN terbilang sangat cakap diluar dan banyak mengutarakan pendapatnya. Namun kelemahan mereka adalah, biasanya malu mengakui mereka berkuliah di UIN.



Terima Kasih semoga bermanfaat, Baca Juga Artikel-artikel lainnya di Jogjadestination.com

0 Response to "Inilah Alasan Mengapa? Mahasiswa UIN Sangat Cakap Berbicara Walaupun Itu Bukan Jurusan yang Mereka Geluti."