1 Kerajaan Luar Negri Ini adalah Kerajaan Yang Berperan Penting Dalam Islamisasi Nusantara (Indonesia)

Kerajaan Malaka, Sumber:http://4.bp.blogspot.com/
1 Kerajaan Luar Negri Ini adalah Kerajaan Yang Berperan Penting Dalam Islamisasi Nusantara (Indonesia). Para ahli memiliki pendapat yang berbeda tentang kapan berdirinya kerajaan ini. Seorang Portugis, Tome Pires yang tingal di tempat itu sekitar tahun 1512-1515, memberitakan bahawa tempat ini sudah sangat pesat perkembanganya dan kira-kira sudah di buka lebih kurang seratus tahun, seorang Portugis lainya mengatakan bahwa kota ini sudah ada sejak dua ratus lima puluh tahun yang lalu. 

Beberapa pakar menduga, bahwa kota ini lahir sekitar abad ke-13 . sekiranya ini benar  Taukah anda Kerajaan apa yang di maksud di sini? Letaknya berada di Pantai Timur Sumatra atau Semenanjung Melayau! Sudah taukah anda? yaah jawabanya adalah Kerajaan Malaka. Iya Kerajaan yang sekarang berada dalam kekuasaan atau dalam negara tetanga kita Malaysia ini, merupakan salah satu Kerajaan yang berperang penting dalam Islamisasi Nusantara. Awal mulanya Malaka merupakan salah satu tempat yang sepi dan cuma di huni oleh bajak laut dan nelayan, begitu pun ekonominya yang sangat belum memadahi pada saat itu ada pemuda dari Palembang yang menaklukanya yang membuat peradaban Malaka ini bekembang sangat pesat dan maju, Parameswara lah namanya orang keturunan dari Majapahit yang melarikan diri ke Malaka untuk bersembunyi dari tentara Majapahit ini lah yang membuka dan menaklukan Malaka pada saat itu. Parameswara sebagai keturunan dari Majapahit yang sudah lihay berperang dia pun muda untuk menaklukan Malakadan pada akhirnya tsekitar akhir abad ke 14 Kerajaan Malaka pun berdiri dengan raja pertamanya yaitu Parameswara.


Parameswara yang dulunya masih beragama Hindu+Budha di akhir hdupnya pun menjadi Islam pada tahun 1414 yang merubah namanya menjadi Sultan Iskandar Syah, ia memperoleh seruan dakwah dari ul;ama Jeddah Arab Saudi, dan pada saat itulah malaka menjadi pusat perdagangan dan penyebaran Islam yang pesat. Puncak Kejayaan Kerajaan Malaka ini berada pada Sultan Mansyur Syah yang menjalin persahabatan dengan Kesultanan Pasai, lah disinilah proses Islamisasi Nusantara di mulai. Saat itu Malaka yang menjadi bandar niaga terbesar di kawasan Asia Tenggara tidak pernah sepi di kunjungi oleh pedagan-pedagan dari dunia. Pedagan Muslim di samping berdagan mereka juga menyebarkan Islam seperti pedagang-pedagan dari Arab, India dan Persia. dan pada Kepemerintahan Mansyur Syah ini kedatangan Abu Bakar dari Jeddah yang mengajarkan Malaka Tasawuf. Nampak Malalka benar-benar menjadi pusat perdagangan dan penyebaran Islam di Asia Tenggara. D.G.E. Hall seorang guru besan Universitas London memberikan pendapat tentang Malaka. Hasil Malaka yang terbesar dalam proses perubahan keyakinan masyarakat Asia Tenggara adalah perubahan keyakinan masyarakat Jawa, "Jawa telah diubah keyakinanya di Malaka". Maksudnya adalah masyarakat Jawa mengubah keyakinan lamanya dan masuk Islam di Malaka. Hal ini di buktikan pada tahun1511 lewat catatan Portugis bahwa masyarakar Jawa khususnya 1 Bangsawan Jawa di Malaka mempunyai 6000 budak orang Jawa yang semuanya Islam dan ketika mereka kembali, mereka menyebarkan keyakinanya ini di masing-masing tanah pertiwinya. 



Semoga Bermanfaat, Baca Juga (Peradaban Romawi Kuno)

0 Response to "1 Kerajaan Luar Negri Ini adalah Kerajaan Yang Berperan Penting Dalam Islamisasi Nusantara (Indonesia)"