PETIYIN TAKERHARJO SOLOKURO LAMONGAN

PETIYIN TAKERHARJO SOLOKURO LAMONGAN, Petiyin adalah sebuah dusun yang terletak di sebelah utara Kab. Lamongan,Petiyin termasuk bagian dusun dari desa Takerharjo, solokuro, Lamongan.

Alkisah mengatakan asal muasal nama dusun Petinyin berasal dari 2 kata peti dan tiyin, yang di maksud peti adalah peti, dan tiyin adalah segini dari dua kata tersebut bukan petinnya segini gitu bukan. Namun, Petiyin mempunnya makna di empet kiyan kiyen, yo mong sak mene iki, (ya cuma segini doank),

Geografis Dusun Petiyin atau letak wilayah Petiyin,
Utara, berbatasan dengan desa Takerharjo
Timur, berbatasan dengan desa Slebur / Wonokerto
Selatan, berbatasan dengan desa Sawo
Barat, berbatasan dengan desa Bulu Brangsi/ Brangsi

Balai Dusun Petiyin, Sumber: Dokumen pribadi.

Kepemerintahan Dusun Petiyin, di wakili oleh kepala dusun dan mengikuti kepala desa Takerharjo. Kepala Dusun Petiyin adalah Moh Ali Thoha sedangkan Kepala desa Petiyin atau juga bisa disebut kepala desa Takerharjo adalah Kunawi, karena petiyin merupakan dusun jadi kepdesnnya masih mengikuti Takerharjo, Petiyin mempunnyai karang taruna dan komunitas perkumpulan pemuda, karang tarunannya bernama Tunas Harapan dan perkumpulan pemudannya bernama Setres. Petiyin mempunyai sekitar 700 KK atau lebih dan di bagi menjadi 5 RT.

Gedung Mi, MTs Darul Ulum Petiyin, Sumber: Dokumen pribadi.

di Petiyin mempunnyai lembaga pendidikan TK, Mi, MTs Darul ulum , dan ada juga SDN negri yang berada di dusun petiyin, ada juga taman pendidikan al- quran,(TPA) dan diniyah. Masyarakat Petiyin rata- rata menganut madzab Syafii/ NU dan hanya mempunyai 1 masjid, yaitu masjid baitur rahman, sisi pendidikan masyarakat petiyin sangat menjajikan dan generasi penerus bangsa, khususnnya di bidang olahraga.
Masjid Baitur Rahman, Petiyin, Sumber: Dokumen pribadi.


Masyarakat Petiyin kebanyakan bekerja sebagai petani yang setiap harinnya pergi ke sawah. ada juga yang berdagang dan menjadi guru. Namun itu minoritas. di samping petani pekerjaan mayoritas orang petiyin adalah menjadi TKI ke negeri jiran, Arab Saudi, Qatar dan lain- lain. Malaysialah yang palinng banayak di kunjungi orang petiyin untuk mencari rizki. pemuda petiyin masih banyak yang putus sekolah dan lebih banyak memilih untuk kerja.

0 Response to "PETIYIN TAKERHARJO SOLOKURO LAMONGAN"