Pengertian Kliping dan Contohnya

Pengertian Kliping dan Contohnya, Sumber: Dok Pribadi.
Contoh Kliping Sosiologi,di sini kita akan sedikit berbicara tentang kliping.
Apakah itu kliping? Kliping ialah aktifitas mengunting atau memotong bagian berita tertentu atau informasi tertentu untuk mencari inti berita tersebut, pemotongannya bisa kita dapatkan dari koran, majalah, mungkin itu sedikit pengertian dari saya.

Inilah contoh sedikit tentang kliping:




Selenggarakan Maulid, PKS : Cintai Nabi dengan Maulid
Description: C:\Users\acer\Downloads\ribuan-kader-partai-keadilan-sejahtera-pks-_151117093126-249.jpgReplubika.co.id. Rabu, 06-01-2016









REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) akan menggelar peringatan acara Maulid Nabi Muhammad SAW di kantor DPP PKS, Jakarta, pada Kamis besok. Untuk partai dakwah ini, Maulid Nabi merupakan sarana menumbuhkan kecintaan kepada Rasulullah SAW.
Ketua Bidang Pengembangan Umat (BPU) DPP PKS Hilman Rosyad menambahkan, bukti kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW bisa dilakukan dengan empat cara, yaitu  mengimani ajarannya, mengikuti sunahnya, mendakwahkan ajarannya, dan memperbanyak shalawat.
"Mempelajari sejarahnya, mengikuti sunah keteladanannya, dan selalu menyebut namanya dengan shalawat adalah bukti kecintaan kita kepada Rasulullah SAW. Maulid Nabi ini adalah salah satu medium itu semua," ujar Hilman lewat siaran pers kepada Republika.
Hilman mengungkapkan, penyelenggaraan Maulid Nabi akan bertema "Meneladani Nabi, Membangun Negeri". PKS yang turut bekerja sama dengan Majelis Rasulullah dan mengundang lebih dari 50 ulama dan habaib se-Jabodetabek. 
Sejumlah ormas Islam yang akan hadir, di antaranya Persatuan Umat Islam (PUI), Dewan Dakwah, Mathlaul Anwar, IKADI, dan ICMI.

Arab Saudi: Tak Ada Perang dengan Iran
Republika.co.id. Selasa, 06-01-2016
Description: Bendera Arab Saudi
 














REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Wakil Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman mengatakan, negaranya tidak akan berperang dengan Iran.
Menurut Mohammed bin Salman, perang antara Arab Saudi dan Iran akan menjadi awal dari bencana. Mohammed menegaskan, Arab Saudi tidak akan mengizinkannya.

"Ini adalah sesuatu yang kita tidak perkirakan sama sekali, dan siapa pun yang mendorong ke arah itu adalah seseorang yang tidak waras," katanya seperti dikutip dalam wawancara majalah Inggris The Economist yang dilaporkan, Kamis (7/1).
Mohammed menambahkan, kejadian ini akan sangat kuat terefleksi pada seluruh dunia. Untuk itu pihaknya memastikan, perang dengan Iran tidak akan terjadi.
Mohammed bin Salman terlibat percakapan selama lima jam dengan The Economist. Ini sekaligus menandai wawancara pertamanya.
Gunungan Sekaten Tandai Peringatan Maulid di Keraton
Tempo.co. Kamis, 24-12-2016
Description: Gunungan Sekaten Tandai Peringatan Maulid di Keraton Solo
TEMPO.CO, Surakarta - Keraton Kasunanan Surakarta mengarak enam gunungan sebagai penanda puncak acara peringatan Maulid Nabi Muhammad, Kamis siang 24 Desember 2015. Gunungan yang terbuat dari sayur mayur dan bahan makanan itu menjadi rebutan ribuan pengunjung dan habis dalam waktu semenit.
Ribuan warga telah menunggu di halaman Masjid Agung Keraton Surakarta sejak beberapa jam sebelum acara Garebeg Mulud dimulai. Sekitar tengah hari, rombongan abdi dalem keraton membawa gunungan besar itu dari dalam keraton menuju Masjid Agung.

Sesampai di Masjid Agung, salah satu ulama keraton membacakan doa. Namun antusias masyarakat tidak terbendung sehingga mereka langsung berebut gunungan yang dipanggul oleh para abdi dalem tersebut. Enam gunungan itu ludes tinggal kerangka saat doa selesai dibacakan.

Penghulu Tafsir Anom Keraton Kasunanan Surakarta KRT Pujo Dipuro mengatakan pada masa lalu gunungan itu dibagikan oleh abdi dalem kepada masyarakat. "Sedangkan saat ini banyak yang tidak sabar sehingga selalu berebut," katanya.
Rebutan gunungan itu selalu terjadi dan seolah menjadi tradisi baru di setiap acara Garebeg Mulud. Kondisi yang sama juga terjadi dalam kegiatan garebeg yang lain, seperti Garebeg Besar dan Garebeg Bakdo.
Pujo menerangkan bahwa biasanya keraton hanya mengeluarkan empat gunungan dalam acara Garebeg Mulud. Namun saat ini keraton membuat enam gunungan. "Kebetulan ada tambahan dana dari iuran para kerabat keraton," katanya.
Sedangkan masa lalu, keraton selalu membuat 12 gunungan untuk dibagikan kepada masyarakat. Jumlah gunungan itu melambangkan tanggal kelahiran Nabi Muhammad di 12 Rabiul awal. "Tapi sekarang jumlahnya dikurangi lantaran keterbatasan beaya," kata Pujo.

Pengageng III Museum dan Pariwisata Keraton Kasunanan Surakarta KRMH Satryo Hadinagoro menerangkan bahwa gunungan tersebut terdiri dari tiga gunungan Jaler (laki-laki) dan tiga gunungan Estri (Perempuan). Gunungan Jaler terbuat dari hasil bumi. Sedangkan Gunungan Estri dibuat dari bahan makanan kering. "Terutama rengginang, makanan yang terbuat dari ketan," katanya.
Gunungan besar itu juga sering disebut sebagai Gunungan Sekaten. Sebab, acara tersebut juga menjadi puncak acara Sekaten yang digelar untuk memperingati Maulid Nabi.

Salah satu pengunjung, Slamet Rahayu mengaku selalu mengikuti acara itu tiap tahun. "Pasti ikut berebut gunungan," kata warga Sragen itu. Dia yakin bahwa gunungan tersebut akan membawa berkah.
Gabung ISIS, Djoko: Inilah Jalan Kami Menuju Surga
Jawapos.com. Rabu, 11-11-2015
Description: http://www.jawapos.com/imgs/2015/11/10096_27691_dwi%20ISIS.jpg
awapos.com - Salah satu pejabat Batam, Dwi Djoko Wiwoho yang diduga bergabung kelompok radikal Negara Islam Irak-Suriah (ISIS) sepertinya sudah merencanakan kepergiannya sejak awal. Polisi sudah banyak menemui bukti walaupun memang belum akurat.
Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Pol Suharsono mengatakan, dari hasil penyelidikan sementara pihaknya mendapati pesan dari akun Facebook Djoko.
"Inilah jalan kami menuju surga," kata Suharsono menirukan pesan Djoko yang berhasil dilacak polisi.
Itu menunjukan bahwa Djoko memang sudah memiliki tekad bergabung dengan ISIS karena terpengaruh dari ajakan. Selain itu, Polri juga menduga Djoko bersama keluarganya berangkat bersama 25 orang lainnya berdasarkan pesan di akun media sosialnya.
"Ini menunjukan bahwa mereka ada yang memberangkatkan, bukannya berangkat sendiri," sambung Suharsono.
Sebelumnya pihak kepolisian selain mencari tahu kebenaran perginya Djoko ke negara di Timur Tengah itu juga mencari siapa orang yang telah mempengaruhinya.
Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Anton Charliyan mengatakan, pihaknya terus melakukan pengecekan mendalam terkait kebenaran info itu.
"Tentu kita juga cek data-data dan mengecek komunikasi dan informasi serta siapa yang mempengaruhi sehingga yang bersangkutan pergi," ucapnya.
Selain itu, Anton menerangkan, Djoko juga sempat mengirimkan pesan elektronik atau email kepada perusahaanya yang menyatakan bahwa dirinya telah bergabung dengan ISIS.
"Yang bersangkutan mengirimkan pesan kepada atasannya lagi bahwa tolong disampaikan kepada orang tua saya bahwa saya akan berhijrah dan akan bergabung dengan Daullah islam atau ISIS. Jadi sampai sekarang belum kembali," sambung Anton.
Sebelumnya, pada Agustus 2015, Direktur Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Badan Pengusahaan (BP) Batam Dwi Djoko Wiwoho itu tidak masuk kantor. Ternyata sang direktur bukan hanya tidak masuk kantor, tetapi keluarganya pun tidak mengetahui keberadaan Dwi Djoko yang meninggalkan Indonesia karena berangkat umrah.
Segala bentuk komunikasi dengan Dwi Djoko juga sudah terputus. Dari media sosial yang ditelusuri, kuat dugaan pejabat BP Batam ini ikut bergabung kelompok radikal Negara Islam Irak-Suriah (ISIS). (elf/JPG)
Muhammadiyah Istiqomah Membentuk Masyarakat Islam yang Sebenar-benarnya
rri.co.id. 26 Desember 2016
Description: Muhammadiyah Istiqomah Wujudkan Masyarakat Islam yang Sebenar-benarnya 











KBRN, Banda Aceh : Muhammadiyah bertekad untuk terus mewujudkan pencerahan dengan mengoptimalkan usaha diberbagai bidang untuk memajukan kehidupan umat, bangsa dan kemanusiaan.
Demikian dikatakan Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Dr Dadang Kahmad MSi saat membuka Musyawarah Wilayah Muhammadiyah dan Aisyiyah Aceh ke 38 di Kampus Universitas Muhammadiyah Aceh, Bathoh, Banda Aceh, Sabtu (26/12/2015).
“Muhammadiyah yang berdiri pada 18 Nopember 1912 atau 103 tahun yang lalu konsisten dan istiqamah mengembang misi dakwah dan tajdid mewujudkan masyarakat Islam yang sebenar-benarnya sebagai cita-cita utamanya,” tuturnya.
Untuk itu,  kata Dadang Kahmad, Muswil Muhammadiyah dan Aisyiyah di Banda Aceh ini harus mampu menyerap spirit dan hasil Muktamar Muhammadiyah ke 47 yaitu mewujudkan gerakan pencerahan menuju Indonesia berkemajuan sesuai dengan tuntutan dan kepentingan umat yang ada di Aceh
Dibagian lain Dadang Kahmad juga mengemukakan, Muhammadiyah sejak Muktamar ke 46 di Yokyakarta tahun 2010 telah menetapkan Islam berkemajuan sebagai model keislamannya.
“Apa yang telah dilakukan Muhammadiyah selama satu abad lebih menujukkan aktualisasi Islam berkemajukan Muhammadiyah dengan semboyan sedikit bicara banyak bekerja,” tambahnya.
Sebelumnya Gubernur Aceh dr H Zaini Abdullah pada kesempatan itu atas nama Pemerintah Aceh,  mengucapkan Selamat atas terlaksananya Musyawarah Wilayah ke-38 Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah Aceh.
“Semoga selalu istiqamah, ikhlas, dan mengedepankan kepentingan dan kemaslahatan ummat seraya berharap berlangsung dalam suasana dialogis dan demokratis dengan menjunjung tinggi semangat persatuan dan kesatuan, sehingga hasil yang diperoleh merupakan pencerminan dari aspirasi dan keinginan ummat,” katanya.

Menurut Ketua panitia Muswil Drs H Muharrir Asy’ari Lc MAg, kegiatan Muswil Muhammadiyah Aceh dan Aisyiyah ke 38 yang berlangsung selama tiga hari dengan agenda memilih pengurus baru dan menyusun program kerja lima tahun kedepan diikuti oleh 328 peserta dari seluruh Aceh.(SA/DS) 




0 Response to "Pengertian Kliping dan Contohnya "