Sejarah Nenek Moyang Orang Takerharjo

Masyarakat Desa Takerharjo, Sumber:Dok Pribadi.
Ada kisah di Desa Takerharjo tentang cerita 2 patok makam yang berada di sebelah utara desa siapakah dia? langsung saja kita menuju cerita!!!!
dahulu kalah ada seorang Pangeran Majapahit bergelar Panji yang sedang dalam perjalanan menuju Demak. Di tengah perjalanan, di daerah yang sekarang bernama Takerharjo itu sang pangeran menderita sakit dan meninggal dunia. Jasad sang pangeran akhirnya dimakamkan di situ.Untuk merawat dan menjaga makam sang pangeran, beberapa orang abdi dan pengawal, yang konon di antaranya bernama Plantong, akhirnya menetap di daerah itu, lokasinya di ujung barat areal yang sekarang menjadi makam desa.
Di lokasi itu, dulunya juga ada sebuah masjid, yang sisa-sisa pondasinya, samar-samar sekarang masih bisa dilihat di antara semak dan rerumputan.

Makam Mbah Plontang berada di ujung barat makam desa, sedangkan makam sang Panji, berada di sebelah utara desa Takerharjo, ini di buktikan dengan adanya satu makam tua dinsebelah utara desa Takerharjo,dan yang di maksud dengan makam tua itu,adalah makam dari pangeran yang bergelar panji itu,makam itu terbukti keadaannya,kurun waktu antara abad ke-15-2011 kita masih bisa melihat makam itu, yang berdiri kokoh di antara persawahan samping jalan milik warga,orang-orang  situpun mensakralkan makam itu karna di anggap kramat dan orang yang semasa hidupnya mempunyai,wibawa,jadi orang di sana menyebut makam itu dengan sebutan mbah panji.ada orang-orang yang mempercayai bahwa mbah panji adalah orang sakti. Banyak orang yang menganggap bahwa makam yang berada di Takerharjo bukanlah makam Panji Laras yang asli. Namun teori itu terbantah atas bukti-bukti kongkrit yang di temukan di sekitar Takerharjo. Panji Laras ini juga mempunyai saudara yaitu Cinde Amo yang di percayai dia tinggal di bagian utara Lamongan tepatnnya di daerah pesisir antara Desa Kemantren dan Banjarannyar.





Ikuti cerita menarik lagi tentang histori-histori Takerharjo yang masih belum terungkap.




Terima kaih telah membaca Sejarah nenek moyang orang Takerharjo,Baca Juga (Misteri Bajak Laut Spongebob)

0 Response to "Sejarah Nenek Moyang Orang Takerharjo"