Proses Masuknya Islam di Petiyin


Makam Dowo, Petiyin, Sumber: Dokumen pribadi.
Banyak orang tidak mengerti siapa yang menyebarkan Islam di daerahnnya. Dan disini kita akan membahas akan proses terjadinnya Islamisasi di Dusun Petiyin Kec. Solokuro. Banyak masyarakat berangapan bahwa Petiyin mempunyai sejarah yang hampir- hampir tidak bisa di deteksi hinga saat ini, banyak sejarahwan mencoba untuk mengulas dan meneliti siapakah yang menyebarakan Islam di Petiyin. Ada seorang mahasiswa yang bernama Irfan Hamid, mencoba untuk menjelaskan tentang apa yang terjadi di masa- masa Islamisasi di Petiyin, menurutnya ada 2 teori:

1. Proses masuknnya islam di Petiyin disebarkan oleh murid sunan Drajat yang di percayai makamnnya saat ini berada di sebelah utara Dusun Petiyin Bukti nomor 1 ini ditemukannya 5 makam di sebelah utara desa yang kini dinamakan dengan( makam dowo).


2. Ada yang menyakini Islamisasi Petiyin di Islamkan oleh Kanjeng Sepuh Sedayu, Ada juga sesepuh desa yang mengatakan bahwa Islamisasi di Petiyin di Islamkan oleh Kanjeng Sepuh Sedayu, dengan adannya hubungan perdagannga jati yang masih ada hingga saat ini.

Dari 2 teori ini  yang sangat di percayai masyarakat adalah yang teori nomor 1, yang disebarkan oleh murid sunan drajat. Namun, anatara benar dan salah ya wawahuallambisawaf,

0 Response to "Proses Masuknya Islam di Petiyin "