Asal Usul Dusun Petiyin Takerharjo Solokuro Lamongan

Dusun Petiyin Solokuro Lamongan, Sumbur: Dokumen Pribadi.
Asal Usul Dusun Petiyin Takerharjo Solokuro Lamongan, Dusun yang terletak dibagian utara Kab. Lamongan ini, merupakan sebuah dusun kecil dengan populasi yang lumayan besar. Petiyin merupakan sebuah Dusun yang Desannya mengikuti Takerharjo, Dusun yang dipimpin oleh seorang KEPDUS dan perangkatnnya mempunyai sejarah kelam yang sangat menarik untuk diulas di masa sekarang asal usul nama Petiyin mempunyai berbagai cerita sebagai berikut:



Cerita tentang nama petiyin berasal dari sesepuh atau tetua warga Petiyin, mengatakan bahwa kata petiyin berasal dari Di Empet dan Kiyan- kiyen  Empet menurut kamus besar bahasa Indonesia adalah Menahan, sedangkan Kiyen adalah hanya, cuma, sedikit. Dan menurut bahasa adalah jika digabungkan adalah Petiyin yang mempunyai arti hanya segini, sekarang terbukti kata Petiyin menyelami aspek kehidupannya seperti rumahnnya, wilayahnnya,Sumber airnnya, dan orang- orangnnya. Hanya sedikit semua, itulah pendapat dari tetua yang hidup di Petiyin. Konon pada suatu hari ada seorang wali yang memintak air ke warga Petiyin. Namun, tidak dikasih dan sekutika itu, wali tersebut mendoakan agar dusun ini tidak mempunyai sumber mata air.


Ada juga mengatahkan bahwa Petiyin berasal dari dua kata yaitu: Peti dan Tiyen, Peti adalah peti sedangkan tiyen adalah Tiyen (sedikit). Namun, pendapat ini tidak kuat dan tidak logis dengan fakta yang ada, jadi asal- usul kata Petiyin adalah seperti yang disampaikan oleh para tetuannya.


Masih banyak hal yang harus diulas tentang sebuah dusun ini.

0 Response to "Asal Usul Dusun Petiyin Takerharjo Solokuro Lamongan"