Medina Azahara Bukti Cinta Abd al-Rahman III Kepada Istrinnya

Abd al-Rahaman, sumber: upload.wikimedia.org
Medina Azahara Bukti Cinta Abd al-Rahman III Kepada Permaisurinnya-Abd ar-Rahman III atau Abd al-Rahman an Nasir adalah seorang raja Cordoba Andalusia atau sekarang Spanyol. Naik tahta setelah menggantikan cucunnya, Abdullah pada tahun 912 M, dia adalah puncak kejayaan umat Islam khususnnya Bani Umayyah di Andalusia. Naik tahta di usia mudah dia membuktikan diri sebagai pahlawan pada zamannya, dan raja yang sangat dicintai rakyatnnya.
Setelah menjadi raja selama kurang lebih 24 tahun, pada tahun 936 M, saat itu istrinnya sedang sakit keras dan sebelum meninggal Abd al-Rahman III dia berjanji kepada istrinya yang sangat dicintai itu.baca juga ( 5 pantai kunjungi di Jogja )

"Biarkan Sejarah mencatat Kisah Cinta Kita Untuk Selamannya dan Demi Cintaku Padamu Akanku Membangun Istana Yang Megah Untuk Kupersembahkan Padamu Wahai Cintaku".

Dan tidak lama kemudian azahara pun wafat. Istana itu dibangun dengan uangnya sendiri yang sebelumnnya uang itu bukan untuk membangun istana namun untuk membebaskan tawanan, namun pada saat itu 936 M, tidak ada tawanan yang harus di tebus. karena pada saat itu adalah punjak kejayaannya sampai-sampai tidak ada satu pun tawanan yang harus dibayar. Membangun, istana ini, untuk mempercantik istanannya, Abd al-Rahman mendatangkan marmer dari Numadia dan Kartago (sekarang Tunisia); tiang-tiang dan kolam-kolam dengan patung emas imporatau diperoleh sebagai hadiah dari Kristantinopel; 10.000 pekerja, dan 1.500 dan binatang di pekerjakan setiap harinnya, bangunan itu terdiri dari 5.000 pavillion yang didalamnnya terdapat perputakaan, ruang-ruang penelitian, dan penerjemah, kebun bungan , ruang pertemuan, dan tempat tinggal tamu. istana ini di bangun dipegunungan Sierra Monerra. Bangunan itu menelan waktu selama 40 tahun (936-976 M) 25 tahun semasa Abd al-Rahman II dan di selesaikan oleh putrannya Hakam II yang kelak istana ini dinamakan Azahara. Azaha dalam bahasa Frank, France, Perancis artinnya bungah Mawar seuai dengan nama istrinnya.


Lokasi Medina Azahara
Peta Medina Azahara, sumber:google maps.com.


Terletak 8 mil (13 km) sebelah barat Cordoba di kaki bukit Sierra Morena, berorienttasi ke utara ke selatan di jabal al-Arus, menghadap ke lembah sungai Guadalquivir, yang terkenal sebagai Verseiles di Abad pertengahan. Situs kota mengadopsi persegi panjang yang luasnnya 112 Hektar. Ini diperpanjang 1.500 meter (4.900 kaki) per sisi dari timur ke barat dan sekitar 750 meter (2.460) kaki dari utara ke selatan.

sisa-sisa keruntuhan Medina Azahara,sumber:upload.wikimedia.org

Namun pada masa Islam di Andalusia jatuh istana ini sudah tidak terurus lagi, banyak tiang-tiang yang di curi orang-orang Kristen untuk di pake di Gereja dan sisa peninggalannya digali 1910 dan pasca itu masih bisa di lihat, namun sudah tidak semega pada zaman pertengahan.


Kutipan

"Sekarang aku telah berkuasa lebih dari limapuluh tahun dalam kemenangan maupun perdamaian; dicintai oleh rakyatku, ditakuti oleh musuh-musuhku, dan dihormati oleh sekutu-sekutuku. Kekayaan dan kehormatan, kekuasaan dan kesenangan, telah menungguku, dan tidaklah keberkahan duniawi tampak menginginkan kebahagiaanku. Dalam keadaan ini, aku telah menghitung hari-hari kebahagiaan asli dan sejati yang telah dianugrahkan pada diriku, jumlahnya Empatbelas: - Wahai manusia! janganlah kauberikan kepercayaanmu di dunia ini!" Abd al-Rahman III.



Terima kasih sudah membaca Medinah Az Zahra, baca juga 5 pantai yang wajib di kunjungi di Yogyakarta

0 Response to "Medina Azahara Bukti Cinta Abd al-Rahman III Kepada Istrinnya"