Angkringan, Tempat Melepas Lelah nan Penuh Inspirasi.

by Nanag Diyanto
Angkringan  (berasal dari bahasa jawa'angkring' yang berarti alat dan tempat jualan makan keliling yang pikilannya berbentuuk melengkung ke atas) adalah sebuah gerobag dorong yang menjual berbagai makanan yang bisa kita temui di ruas jalan di Yogyakarta. Ciri khas dari gronag angkringan ini biasannya di tutupi terpal di atasnnya dan lesehan tikar untuk duduk. muat sekitar 8 orang pembeli,Beroprasi mulai 4 sore sampai dini hari dengan mengunakan penerangan lampu tradisional yaitu: sentir/senter(ind.lentera, penerangan sangat sederhana tanpakaca semprong dibandingkan dengan lampu tempel atau teplok yang terdiri dari dari botol biasannya berukuran pendek lengkap dengan sumbu dan minyak tanah dan minyak kletik sebagai bahan bakarnnya). Dan di bantu oleh terangnya lampu jalan.
makana yang di jual melipuri nasi kucing,usus ayam,goregan.dan minumannya teh, susu, jeruk, kopi, dan wedang. Di jual dengan harga yang sangat-sangat terjangkau.
meski hargannya murah, nemun konsumennya sangat bermacam-macam dari bapak-bapak, mahasiswa sampai presiden ke-7 pun pernah ngangkring sama gubernur Jakarta.
Angkringan juga merupakan tempat inspirasi yang tidak membeda-bedakan orangnnya walaupun berbeda, sosial agama dan lain-lain.malah di angkringan sini banyak orang yang sering mengobrol dari topik pembahasan yang masih hangat,tentang SARA, politik dan masih banyak lagi, sampai berlarut-larut bisa juga sampai subuh loh.
Bersahabatnnya suasana yang di hadirkan di angkringan membuat orang lupa semuannya ketika kita sudah di angkirngan dan mengobrol.Angkringan merupakan tempat inspirasi yang indah untuk kita coba dengan suasana yang khas dan bisa membuat kita bahagia ini wajib untuk di coba, mengajak teman akrab, saudara atau yang lainnya untuk ngankring bersama dengan di temani sajian makanan yang penuh dengan varian yang bermacam-macam.lampu sentir yang menerangi kita mempunyai suasana khas yang bisa membuat kita seperti makan di tempat yang dulu bisa di artikan kembali ke masa dulu deh.khas banget pokoknnya.apabila anda mampir ke Yogyakarta jangan lupa ngankring deh biar kamu tau gimana suasana yang akan di hadirkan oleh angkringan itu.komentar dari orang-orang yang pernah ngangkring semua berkata suasana yang ada di angkringan tidak ada duannya tidak bisa di bandingkan denggan lestoran-lestoran mewah yang ada di Indonesia ini.kata bapak Presiden Ir.joko widodo: saya dulu biasannya ngangkring di angkringan selepas saya pulang kuliah,walupun sekarang jarang ngangkring namun suasana angkringan belum ada yang bisa menandinginnya.hargannya yang merakyat dan bersahabat membuat angkringan ini sangat ramai dengan pengunjung,seperti yang saya jelaskan di atas tadi angkringa tidak membeda-bedakan RAS.suku dan lain-lain.semua boleh ngangkring deh asal mau bayar aja hehehehe monggo ngangkring kang.



Terimakasih telah membaca (Angkringan, Tempat Melepas Lelah nan Penuh Inspirasi). Baca juga, 5 Makanan Khas Mahasiswa Uin Sunan Kalijaga

0 Response to "Angkringan, Tempat Melepas Lelah nan Penuh Inspirasi."