5 Ilmuan Muslim Terhebat di Dunia

5 Ilmuan Muslim Terhebat, Di awal era pertumbuhan Islam, dunia pengetahuan mengalami zaman keemasan dengan munculnnya ilmuan-ilmuan muslim yang hingga saat ini penemuannya masih digunakan dan menjadi rujukan perkembangan dari pengetahuan moderen, namun mungkin kurangnnya publikasi dan banyaknnya peristiwa sejarah menjadikan nama-nama mereka kurang dikenal bahkan di kalangan umat muslim itu sendiri. selama ini perkembangan sains dan ilmu pengetahuan di sekolah formal pada umumnnya di dominasi oleh para penemu dan ilmuan-ilmuan barat, padahal faktannya orang-orang Islamlah yang pertama kali yang menemukan dan mengembangkan ilmu pengetahuan tersebut. Sejarah barat telah mengubur sejarah tentang mereka sehingga hanya sesikit ilmuan muslim yang masuk dalam tinta penemuan sejarah di dunia. Dan berikut ini adalah para ilmuan-ilmuannya.



1.Ibnu Sina
Ibnu Sina, Sumber: http://www.martidergisi.com/
Nama lengkapnnya adalah Abu Ali Husein bin Abdullah bin Hassan bin Ali bin Sina, atau lebih dikenal dunia barat dengan Avicena adalah seorang intelektual muslim yang jenius nyaris tak ada tandingannya hingga sekarang, terbukti pada umur 10 tahun dia sudah hafal Al-quran 30 juz, dan pada usia 18 tahun dia sudah menguasai semua ilmu pengetahuan pada aat itu, yang merupakan bapak kedokteran dunia, dan sampai penemuannya itu masih dijadikan buku rujukan di Universitas ternama di seluruh dunia, kurang lebih buku yang di karangnnya sekitar 502 buku, yang menjelaskan tentang Medis, Ekonomi, Sosial, dan lain-lain.


2.Al Farabi
Al Farabi, Sumber: http://www.muslimheritage.com/
Abu Nassar bin Muhammad bin Ahmad Ibnu Turka Ibnu Uzlah Al Farabi atau al Farabi atau lebih dikenal di barat dengan sebutan Alfarabius aqdalah seorang yang berkebangsaan Turki yang memiliki hubungan darah dengan bangsa persia, semasa kecil dia dikenal dengan orang yang rajin belajar yang memiliki otak yang cerdas, ia belajar bahasa Arab, Turki, dan Persia di kota kelahirannya Farab setelah dewasa di pindah ke Baghdad dan tinggal disana sekitar 20 tahun lamannya, disana dia memelajari filsafat,logika matematika, ilmu politik, dan sebagainnya. Dari Baghdad ia pindah ke Tehran Iran untuk belajar ke Ilmuan-ilmuan disana, terus kembali lagi ke Bagdad, waktunnya di Baghdad di habiskan dengan membaca dan menulis, al Farabi mengenal tentang Logika, Ilmu Jiwa, Metafisika, Kimia, Ilmu Politik, bahkan tentang musik. penemuan di Fisika tentang gelombang bunyi yang di gunakan dalam not nada musik mulai dari nada dasar hingga ke frekuensi tertentu yang bisa menghasilkan not, semua telah terdokumentasikan di bukunnya yang bernama al-musika.


3. Al Battani
Al Battani, Sumber: upload.wikimedia.org
Adalah seorang ilmuan yang disebut-sebut berjasa menemukan hitungan hari dalam setahun,bernama Abu Abdullah Muhammad bin Jabir Inisan al Battani, orang-orang barat menjulukinnya dengan al Batinius, iya lahir di sebelah kota batan dekat Heran yang dikenal ahli Astronomi dan Matematika yang dijuluki dengan ahli matematika terbesar di Abad pertenggahan, dalam Matematika dialah orang yang pertama menemukan Trigonometrik, dalam bidan Astromomi yang bisa mengukur lamannya waktu dalam satu tahun masehi,


4. Ibnu Hayyan
Al Hayyan,Sumber:/azzein.files.wordpress.com
dikenal di Eropa dengan sebutan Gheber adalah seorang ahli Filosof dan Logika yang bekerja di bidang Fisika dan Kedokteran. Selain itu dia juga mempunyai ilmu Kimia yang luar biasa iya sangat mahir dalam prosedur pemisahan zat kimia seperti:  dikristalisasi, destilasi, ekstraksi dan sebagainya. keahlian yang dimiliki dalam bidang lain adalah dalam pembuatan zat asam, dan sangat nampak ialah penemu pertama dalam urusan-urusan pemisahan zat Kimia.


5. Al Khawarizmi
Al Khawarizmi, Sumber: http://www.madrimasd.org/
dia sangat terkenal dalam ilmu Matematika, Mempunyai buku yang sangat terkenal yaitu Al-Jabar, penemuannya seperti, Algoritma, dalam bidang Astronomi  dia membuat tabel Astronomis atau sekarang lebih di kenal dengan peta.






Terima Kasih sudah membaca 5 Ilmuan Muslim Terhebat di Dunia, Semoga bermanfaat. Amin

0 Response to " 5 Ilmuan Muslim Terhebat di Dunia"