Taman Sari | Pemandian Para Putri Raja

Taman Sari | Pemandian Para Putri Raja - Jogja adalah simbol Budaya, dimana terdapat keragaman dan juga keindahan yang berpadu menjadi satu di dalamnya. Diantara keindahan yang ada yaitu Taman Sari. Taman Sari adalah sebuah tempat yang dulunya merupakan Pemandian Para Putri Raja. Bisa dibayangkan bukan bagaimana tempat pemandian putri seorang raja? Iya, Taman Sari adalah objek wisata budaya yang memiliki kemegahan dan menyuguhkan keindahan yang jarang ditemukan di kota lain.

Panorama yang ada di Objek Wisata Taman Sari bisa dikatakan sangat klasik dan elegan. Dimana di dalamnya terdapat beberapa kolam pemandian yang dikelilingi oleh halaman yang luas dan pepohonan yang rindang. Dimana setelah melewati pintu utama, kita akan disambut dengan halaman luas yang menuntun jalan kita menuju sebuah Kolam besar dengan air jernih berwarna biru yang membuat kita nyaman berada seharian disana.

Depan Gerbang Situs Taman Sari | Dokumentasi Pribadi
Lokasi Situs Taman Sari berada tidak jauh dengan Keraton Yogya, tepatnya di sebelah selatan sebelum menuju ke Alun-Alun Kidul Jogja. Lokasinya yang dekat dengan pusat kota menjadikan Objek Wisata Taman Sari selalu ramai dengan pengunjung setiap harinya. Hal ini karena setiap sudut Taman Sari mempunyai ciri khas masing-masing dan sangat ExtraOrdinary.

Wisata Taman Sari | Pemandian Para Putri Raja
Kolam Pemandian Putri Raja | Situs Taman Sari | Dokumentasi Pribadi

Situs Taman Sari terdiri dari 3 bagian utama yang pertama yaitu, setelah melewati pintu masuk utama, pengunjung akan disuguhkan dengan Kolam Pemandian yang dulu digunakan oleh putri raja. Kolam Pemandian ini dikelilingi dengan taman yang asri dan ornamen-ornamen khas kerajaan yang terukir rapi di setiap dinding yang mengitari kolam pemandian.

Setelah melalui Kolam pemandian, jika berjalaan ke arah barat, maka pengunjung akan menemukan Lorong atau Terowongan yang menjadi penghubung satu situs dengan situs lain. Lokasi kedua setelah melewati terowongan tersebut adalah sebuah reruntuhan bangunan yang terletak di dataran yang terlihat lebih tinggi dari Kolam Pemandian dan memiliki langit langit yang tinggi. Suasana sejuk akan sangat terasa disini, karena selain luas, reruntuhan bangunan juga dikelilingi oleh jendela besar. Dari lokasi ini, jika melihat ke arah yang lebih datar, akan terlihat sebuah Dome atau juga dikenal dengan nama Sumur Gemuling berbentuk lingkaran yang akan menjadi lokasi ketiga di Taman Sari yang juga eksotis.
Reruntuhan di Dataran Tinggi Situs Taman Sari | Dokumentasi Pribadi
Untuk mencapai lokasi ketiga, pengunjung lagi-lagi akan melewati terowongan. Situs terakhir ini yaitu berpa dome yang berbentuk lingkaran dan terpata kolam air dibawahnya dengan tangga yang tepat di tengah Dome. Bangunannya yang sempurna bulat menjadi keunikan tersendiri di sini. Oh iya, disini juga menjadi tempat favorit beberapa pasangan untul melakukan Pre-Weeding di Daerah Jogja lho! Biar lebih jelas, lihat foto terakhir dibawah ini deh!
Sumur Gemuling Taman Sari Jogja
Sumur Gemuling Taman Sari Jogja | Source: Youtube
Yups! Cukup sampai disini dulu artikel mengenai Taman Sari Jogjakarta! Mau artikel lainnya? Staytune di JogjaDestination.com ya.


0 Response to "Taman Sari | Pemandian Para Putri Raja"