Taman Pintar | Wisata Bermain dan Edukasi Untuk Anak

Taman Pintar | Wisata Bermain dan Edukasi Untuk Anak - Kota Yogyakarta merupakan salah satu ikon Kota Pelajar di Indonesia. Hal ini terlihat dari banyaknya Universitas baik Negeri maupun Swasta yang tersebar di Jogja. Selain itu juga, setiap  tahunnya banyak pendatang dari kalangan pelajar baik dari kalangan SMA dan juga mahasiswa yang memadati jogja. Karena beberapa faktor diatas, tak heran jika di Jogja ada tempat wisata yang bernuansa Edukasi, diantaranya adalah Taman Pintar.

Taman Pintar Yogyakarta terletak di pusat kota, tepatnya terletak di jantung Kota Yogyakarta di area Nol Kilometer Jalan Panembahan Senopati No. 1-3, Jl. Panembahan Senopati, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tempat ini dinamakan “Taman Pintar”, karena di kawasan ini nantinya para siswa, mulai pra sekolah sampai sekolah menengah bisa dengan leluasa memperdalam pemahaman soal materi-materi pelajaran yang telah diterima di sekolah dan sekaligus berekreasi.
Gerbang taman Pintar | Image By eduzia.com.
Dengan Target Pembangunan Taman Pintar adalah memperkenalkan science kepada siswa mulai dari dini, harapan lebih luas kreatifitas anak didik terus diasah, sehingga bangsa Indonesia tidak hanya menjadi sasaran eksploitasi pasar teknologi belaka, tetapi juga berusaha untuk dapat menciptakan teknologi sendiri.

Peta Lokasi Taman Pintar Yogyakarta
Bangunan Taman Pintar ini dibangun di eks kawasan Shopping Center, dengan pertimbangan tetap adanya keterkaitan yang erat antara Taman Pintar dengan fungsi dan kegiatan bangunan yang ada di sekitarnya, seperti Taman Budaya, Benteng Vredeburg, Societiet Militer dan Gedung Agung. Lebih jelasnya, silahkan lihat Peta di bawah ini



Wahana di Dalam Taman Pintar
Banyak sekali wahana yang terdapat di dalam Gedung Taman Pintar yang terbagi di dalam 4 gedung utama yaitu Gedung Oval, Gedung Memorabilia, Gedung Planetarium dan juga Gedung Paud.

  • Gedung Oval
    Di dalam Gedung ini terdapat banyak sekali wahana yang berhubungan dengan Ilmu Pengetahuan, mulai dari pengetahuan dasar seperti Aquarium Air Tawar, Zona Kehidupan Pra Sejarah,  Dome Area, Zona Cuaca Iklim dan Gempa, Terowongan Ilusi, Zona Tata Surya, Zona Teknologi Komunikasi, Generator Van de Graff, Generator Pedal dan Zona Nuklir.
  • Gedung Memorabilia
    Gedung ini lebih berisi tentang Sejarah Indonesia pada umumnya dan juga sejarah Jogja pada khususnya, dimana ada 3 Ruang utama yaitu Ruang Sejarah Kasultanan Keraton, Tokoh Pendidikan dan Ruang Kepustakaan Kepresidenan.
  • Gedung Planetarium
    Gedung ini seperti yang bisa dilihat dari namanya, berisi tentang Tata Surya dan Ilmu yang berkaitan seperti perbintangan dan sebagainya.
  • Gedung Paud
    Gedung PAUD disini berfungsi sebagai sarana sekolah bagi anak usia dini.
Jadi, bagi kalian yang sudah lama di Jogja dan belum pernah masuk ke Taman Pintar? Segera kesana yaa.

0 Response to "Taman Pintar | Wisata Bermain dan Edukasi Untuk Anak"